MotoGP Dipastikan Gelar Balapan Motor Listrik di 2019

Kompas.com - 10/09/2018, 10:22 WIB
Para petinggi FIM, IRTA, Dorna dan perwakilan dari tim-tim balap yang hadir saat pengumuman mengenai akan digelarnya FIM Enel MotoE World Cup mulai musim 2019 jelang seri GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018). Twitter/MotoGPPara petinggi FIM, IRTA, Dorna dan perwakilan dari tim-tim balap yang hadir saat pengumuman mengenai akan digelarnya FIM Enel MotoE World Cup mulai musim 2019 jelang seri GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

MISANO, KOMPAS.com - Selama ini kejuaraan MotoGP selalu memperlombakan tiga kelas dalam setiap seri, masing-masing Moto3 yang menggunakan motor bermesin 250cc; Moto2 dengan mesin 600cc; dan kelas utama MotoGP dengan mesin 1000cc. Namun mulai musim 2019, kompetisi balap motor tertinggi di dunia ini mulai memperlombakan kelas baru, yakni balap motor listrik.

Balap motor listrik di MotoGP akan diberi nama FIM Enel MotoE World Cup. Kepastian akan mulai dilombakannya motor masa depan itu disampaikan jelang perhelatan seri GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).

Pengumuman itu disampaikan langsung Presiden FIM (Federasi Balap Motor Dunia) Vito Ippolito; CEO IRTA (Asosiasi Tim Balap) Mike Trimby; CEO Dorna (Promotor MotoGP) Carmelo Ezpeleta; dan Executive Director MotoE Nicolas Goubert.

MotoE dijadwalkan hanya akan dihelat di lima seri, masing-masing di Jerez, Spanyol pada 5 Mei; Le Mans, Perancis pada 19 Mei; Sachsenring, Jerman pada 7 Juli; Red Bull Ring, Austria pada 11 Agustus; dan Misano, San Marino pada 15 September. Sedangkan tes akan berlangsung pada 23-25 November 2018; 13-15 Maret 2019; dan 23-25 April 2019.

Baca juga: Tanggapan Juara WSBK Soal Balap Motor Listrik

Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.Twitter/MotoGP Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.

Motor yang akan dilombakan disyaratkan memiliki engine power di atas 120 Kw, torsi 200 Nm, dengan kecepatan maksimum di atas 270 kilometer per jam. Durasi balapan akan berlangsung antara 7-10 lap menyesuaikan panjang sirkuit.

Tim-tim yang sudah menyatakan ikut serta dengan dua pebalap adalah Tech3, LCR, Pramac Racing, Gresini, dan Esponsorama Racing. Sedangkan tim yang akan turun dengan satu pebalap adalah Sepang International Circuit, Marc VDS Racing, Ajo Motorsport, Pons Racing, Dynavolt Intact GP dan SIC58 Squadra Corse.

Baca juga: Balap Motor Listrik MotoGP Siap Dihelat pada 2019

Para pebalap yang akan berlaga dijadwalkan akan diumumkan jelang seri GP Aragon, Spanyol pada 23 September mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber MotoGP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X