Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Gandeng Geely buat Kembangkan Mobil Hybrid

Kompas.com - 09/09/2018, 09:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BEIJING, KOMPAS.com – Produsen mobil Jepang Toyota dikabarkan sedang berdiskusi, dengan merek otomotif besar dari China Geely, terkait kerjasama teknologi kendaraan bensin-hybrid. Namun sampai saat ini belum ada keputusan resmi.

Tak bisa dipungkiri, ini juga jadi strategi Toyota untuk meningkatkan penjualan mereka di Negeri Tirai Bambu tersebut, selain alasan untuk mengembangkan teknologi baru buat masa depan.

Pihak Toyota mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Autonews, Sabtu (8/9/2018), bahwa mereka sedang berkomunikasi satu sama lain, soal teknologi masa depan tersebut.

Seseorang yang mengetahui proyek ini mengatakan, pembicaraan tersebut melibatkan pemasok teknologi baterai listrik China. Toyota menolak berkomentar tentang hal-hal spesifik dari kerja sama tersebut.

Baca juga: Geely Beli Hampir 10 Persen Saham Daimler

Geely MK sedan diproduksi di Indonesia pada 2011.static.betazeta.com Geely MK sedan diproduksi di Indonesia pada 2011.

"Toyota telah melakukan bisnis dengan kebijakan terbuka, yang juga berlaku untuk bidang teknologi elektrifikasi. Hubungan dengan Geely juga didasarkan pada kebijakan terbuka ini," ujar pihak Toyota.

Sampai saat ini juru bicara Geely masih menolak berkomentar. Toyota sudah melokalisasi mobil hibrida konvensional di China dan telah menjualnya sejak 2015 di bawah nama Corolla dan Levin.

Perusahaan telah mengatakan berencana untuk menjual versi plug-in hybrid dari Corolla dan Levin tahun depan. Menjual mobil berteknologi bensin-listrik hybrid pada akhir 1990-an lewat Prius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com