Tertib Lalu Lintas Disarankan Masuk ke Kurikulum Pendidikan

Kompas.com - 08/09/2018, 07:42 WIB
Petugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata OtomaniaPetugas kepolisian mengedukasi cara menggunakan helm yang benar pada kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas (GATEL) Otomania di pertigaan Kalibata

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemerhati keselamatan berlalu lintas di Indonesia, menyarankan bahwa soal ketertiban lalu lintas sebarusnya dimasukan dalam kurikulum pendidikan. Tujuan utama, agar sejak dini paham tentang disiplin atau etika di jalan raya ketika berkendara.

"Jadi ketertiban lalu lintas itu harus masuk ke kurikulum pendidikan. Sebab, masalah di Indonesia adalah kurangnya pemberian pengetahuan kepada masyarakat," ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Selain itu, kata Marcell pemerintah juga harus mewajibkan para pemohon surat izin mengemudi (SIM) untuk mengikuti pelatihan mengemudi dan wajib menyertakan sertifikat pelatihan sebagai bukti portofolio ketika membuat SIM.

"Jadi pemohon SIM itu bisa memperoleh dasar pengetahuan tentang lalu lintas, melalui lembaga khursus atau pelatihan mengemudi, sehingga pengetahuannya terjamin," kata Marcell.

Baca juga: Pengguna Jalan Harus Dipaksa Tertib Berlalu Lintas

Sementara itu, Menurut Edo Rusyanto sebagai Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), cara untuk terus menumbuhkan perilaku tertib dalam berkendara, yaitu terus mengingat risiko dan dampak kecelakaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu cara efektif, lalu senantiasa mengingat bahwa perilaku tertib adalah ihktiar penting untuk memperkecil risiko ketika berkendara," ujar Edo kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Edo menjelaskan, keselamatan itu sendiri bukan semata untuk diri sendiri, melainkan juga hak buag seluruh pengguna jalan.

"Muaranya keselamatan berlalu lintas jalan juga kebutuhan orang tercinta yang menanti kita di rumah," ucap Edo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.