Jika Hujan Turun, Balapan MotoGP Akan Digeser ke Senin

Kompas.com - 07/09/2018, 11:22 WIB
Genangan air di trek Silverstone, Inggris 2018. MOTORSPORT.comGenangan air di trek Silverstone, Inggris 2018.
Penulis Alsadad Rudi
|

SAN MARINO, KOMPAS.com — Promotor MotoGP, Dorna Sport, menyatakan pembatalan balapan sebuah seri tidak akan terjadi lagi di masa mendatang. Jika hujan terjadi saat jadwal balapan puncak di hari Minggu, Dorna akan menyiapkan opsi menundanya sampai Senin atau Selasa.

"Kami akan menyampaikan pemberitahuan ke semua orang bahwa jika balapan tidak dapat terselenggara pada hari Minggu, kami akan memindahkannya ke hari Senin atau Selasa, seperti yang terjadi di banyak olahraga lainnya," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dikuti dari Tuttomotoriweb, Kamis (6/9/2018).

Seperti diketahui, penyelenggaraan seri MotoGP Inggris di Sirkuit Silvertone dibatalkan pada 26 Agustus silam. Hal itu terjadi menyusul hujan deras yang terus menerus mengguyur sirkuit sepanjang hari Minggu.

Baca juga: Bos Sirkuit Silverstone Minta Maaf pada Penonton

Lorenzo memacu motornya pada lintasan basah saat sesi latihan di SilverstoneCrash.net Lorenzo memacu motornya pada lintasan basah saat sesi latihan di Silverstone

Di olahraga lain seperti tenis atau golf, opsi penundaan ke hari berikutnya akan dilakukan jika cuaca di hari pertandingan tak mendukung. Di MotoGP, cara tersebut pernah dilakukan di seri Qatar pada musim 2009 silam.

"Di Qatar, kami menerapkan solusi pada hari Senin dan itu berjalan dengan sangat baik. Di Silverstone itu gagal," kata Ezpeleta mengacu pada keputusan berbagai tim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ezpeleta menyatakan, keputusan untuk menunda balapan ketimbang membatalkan sudah bulat. Tak ada lagi ruang diskusi untuk memperdebatkan kembali masalah tersebut.

Baca juga: Balapan MotoGP Pernah Digeser ke Hari Senin Karena Hujan

Ia pun berharap hal itu dapat dimaklumi semua pihak yang terlibat, mulai dari pebalap, tim, penyelenggara, wartawan, hingga televisi yang meliput.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.