Kompas.com - 06/09/2018, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak ekspor dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) perdana ke luar negeri mulai 1987, kini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil capai lebih dari 1 juta unit.

Prestasi ini diapresiasi juga oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang ikut dalam perayaan di Tanjung Priok Car Terminal, Rabu (5/9/2018).

Kinerja ini melalui perjalanan panjang, Toyota memulai ekspor pertama lewat Kijang generasi ketiga (atau Kijang Super). Kuota ekspornya kecil, hanya 50 unit per bulan. Saat itu, negara tujuan ekspor juga baru satu, yakni tetangga Brunei Darussalam.

Lalu di 2004, Toyota mendapat momentum baik, terutama sejak berjalannya proyek Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV). TMMIN terpilih menjadi basis produksi Kijang Innova, memberikan peluang yang besar buat ekspansi ke pasar global, selain memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Mulai saat itu, volume ekspor Toyota Indonesia kemudian melesat atau menjadi 7.000 unit per tahun. Seiring tumbuhnya kapabilitas industri otomotif Indonesia, aktvitas ekspor Toyota semakin berkembang secara volume dan negara tujuannya.

Baca juga: Ekspor Toyota Indonesia Tembus 1 Juta Unit

Ekspor Toyota Indonesia capai lebih dari 1 juta unit.ISTIMEWA Ekspor Toyota Indonesia capai lebih dari 1 juta unit.

Pada 2013, Kijang Innova, Fortuner, Avanza, Rush, Lite Ace/Town Ace telah diekspor ke lebih dari 70 negara di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, Amerika Latin dan Timur Tengah. Lalu jumlah ekspor tahunan kembali naik ke 100.000 unit per tahun.

Ini sekaligus menjadikan merek Toyota sebagai penyumbang volume ekspor terbesar, dengan persentase lebih dari 80 persen total ekspor kendaraan utuh produksi Indonesia.

Kemudian di 2017 yang lalu, total volume ekspor CBU merek Toyota mencatatkan rekor tertinggi, dalam sejarah kegiatan ekspor di Indonesia yaitu sebanyak 199.000 unit per tahun. Ini makin membuka optimisme baru, produk anak bangsa bisa dikirim ke mancanegara sebanyak 200.000 unit per tahun.

Beberapa penghargaan kemudian didapat Toyota Indonesia, seperti Primaniyarta kategori Eksportir Berkinerja sebanyak delapan kali yaitu di 2008, 2010, 2011, dan berturut-turut sejak tahun 2013 hingga tahun 2017.

Primaniyarta merupakan penghargaan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang ditujukan untuk mendorong peningkatan aktivitas ekspor perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.