Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Lawas Kawasaki Ini Ibarat "Kakek-nya" W175

Kompas.com - 04/09/2018, 13:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jauh sebelum W175 hadir di Indonesia, Kawasaki diketahui punya 1 sepeda motor bergaya retro yang cukup dikenal di masa lalu. Nama motor tersebut adalah KZ200 atau yang lebih dikenal sebagai Binter Merzy.

Binter merupakan kependekan dari Bintang Terang, yang merupakan agen pemegang merek Kawasaki pada masa itu, sebelum hadirnya Kawasaki Motor Indonesia.

Saat gelaran Kawasaki Fest Day (KFD) Makassar 2018 pada 1 September, tercatat ada sejumlah peserta yang datang dengan mengendarai KZ200. Kehadiran mereka menjadi perhatian tersendiri, termasuk bagi KMI selaku penyelenggara acara.

Baca juga: 10 Motor Sport Naked Jadul Bahan Nostalgia

Salah satu Kawasaki KZ200 atau dikenal dengan nama Binter Merzy yang ikut meramaikan gelaran Kawasaki Fest Day (KFD) Makassar 2018 pada Sabtu (1/9/2018).Kawasaki Motor Indonesia Salah satu Kawasaki KZ200 atau dikenal dengan nama Binter Merzy yang ikut meramaikan gelaran Kawasaki Fest Day (KFD) Makassar 2018 pada Sabtu (1/9/2018).

"When Kawasaki KZ200 meets W175. Bagaikan kakek bertemu cucu," tulis keterangan foto yang diunggah di Instagram KMI pada Senin (3/9/2018).

KZ200 adalah motor yang diproduksi antara 1977 hingga 1984. Menggendong mesin satu silinder berkubikasi 198cc, KZ200 dianggap sebagai salah satu motor dengan kapasitas mesin terbesar yang pernah hadir di Indonesia pada awal 1980-an.

Saat ini, KZ200 bisa dibilang masuk dalam jajaran motor lawas yang banyak dicari. Harganya pun relatif mahal.

Baca juga: Mencari Populasi Motor Nostalgia Zaman Dulu

Modifikasi Binter MerzyStanly/Otomania Modifikasi Binter Merzy

Di situs jual beli online, rata-rata KZ200 dibanderol di harga di atas Rp 15 juta. Bahkan jika kondisinya terawat dan masih original, harganya bisa melonjak di atas Rp 20 juta.

Bagi yang penasaran sekedar ingin melihat atau sedang berminat memburu KZ200, mungkin tidak ada salahnya bersiap hadir di Kawasaki Bike Week 2018 di Bandung pada 20 Oktober mendatang. Sebab di ajang nasional tahunan untuk komunitas Kawasaki di seluruh Indonesia tersebut, para penunggang KZ200 berpotensi kembali hadir dengan jumlah yang lebih besar.

Baca juga: Nostalgia Biker dan Ladang Bisnis yang Menjanjikan

KFD Makassar merupakan rangkaian kegiatan roadshow sebelum digelarnya KBW di Bandung. Sebelum hadir Makassar, KFD juga sempat dihelat di Semarang pada Maret dan Medan pada bulan Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com