Nasib Brio Lawas di Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 02/09/2018, 10:32 WIB
Honda Brio Satya Stanly/KompasOtomotifHonda Brio Satya
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda masih memasarkan Brio model lawas, namun secara jumlah sudah tidak banyak lagi. Sebab, generasi terbaru dari mobil kota (city car) itu sudah resmi diluncurkan pada ajang GIIAS yang berlangsung 2-12 Agustus 2018.

Tentunya model lama yang masih dijual itu ditawarkan dengan program diskon. Kondisi itu juga yang menjadikan harga Brio di pasar mobil bekas menjadi turun, secara permintaan pun lebih loyo dibanding sebelum keluar versi anyar.

Darwin, salah seorang pemilik diler mobil seken di WTC Mangga Dua mengakui bahwa harga Brio lawas mengalami penurunan, karena hadirnya model terbaru.

"Itu sudah pasti, setiap model seperti itu. Turunnya kurang lebih sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta," kata Darwin ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ratusan Stok Brio Lawas Mulai "Banting Harga"

Kondisi itu juga dialami oleh pedagang mobil bekas lain, seperti yang berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Beberapa pebisnis mobil seken yang dijumpai Kompas.com pekan lalu, mengatakan bahwa terjadi penurunan harga.

"Besarannya memang tidak sama setiap diler. Tetapi kalau untuk model seperti itu dari Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan. Tergantung kondisi, dan juga tahun, serta tipenya dulu seperti apa," ungkap Asep.

Rata-rata untuk harga Brio tipe E CVT produksi 2017 dijual Rp 135 jutaan, sementara untuk Brio Satya alias versi Low Cost Green Car/LCGC untuk rakitan 2016 tipe E Rp 120 jutaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X