Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Ajak Hewan Peliharaan Naik Mobil

Kompas.com - 01/09/2018, 16:40 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membawa hewan peliharaan kerap dilakukan beberapa pemilik kendaraan, entah kala berlibur atau hanya sekedar hang out saja. Namun, memang perlakuannya di dalam mobil berbeda dengan penumpang biasa.

Ternyata ada tips dan trik khusus kala mengajak hewan kesayangan khususnya anjing dan kucing. Chevrolet coba berbagi saran, tentu saja agar perjalanan yang lebih lancar, aman, dan menyenangkan.

Bepergian Bersama Anjing

Pertama, jagalah anjing saat berkendara demi keselamatannya dengan gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier atau cargo barrier. Selain itu, bisa menggunakan tali khusus untuk diikat di kursi belakang.

Jangan pernah biarkan hewan peliharaan duduk di kursi depan, karena meningkatkan risiko terluka parah bahkan berakibat fatal jika airbag terbuka. Jika anjing berukuran besar, tempat terbaik untuk mereka adalah di area bagasi. Pertimbangkan untuk membeli cargo tray tambahan untuk melindungi karpet.

Kedua, jangan pernah tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat.

Baca juga: Chevrolet Trailblazer Digeber Keliling Jawa

Bawa hewan peliharaan di mobil tak bisa sembarangan.ISTIMEWA Bawa hewan peliharaan di mobil tak bisa sembarangan.

Itu akan berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka. Bahkan lebih dari itu, bisa meningkatkan resiko penculikan peliharaan.

Ketiga, apabila anjing merasa resah atau menggonggong terus-menerus, berikanlah mainan seperti chew toy atau treats, buat tetap menyibukkan peliharaan. Biasanya seekor anjing akan menjadi lebih tenang dan dapat menjadi lebih rileks, jika memiliki kesibukan.

Bepergian Bersama Kucing

Pertama, serupa seperti bepergian dengan anjing, gunakan pet carrier atau cargo barrier dalam mobil. Hewan yang dibiarkan berkeliaran dapat terluka saat kecelakaan, atau memberikan risiko kecelakaan bagi penumpang lain.

Kedua, buat kucing familiar dengan mobil dengan membiarkannya melakukan cheek rub pada mobil, serta menebarkan aromanya. Hal lainnya, bisa mencoba menaruh tempat tidur, selimut atau handuk milik kucing piaraan di dalam mobil.

Ketiga, pertimbangkan membawa kotak kotoran portabel, tempat makan dan minum yang mudah dilipat, serta obat-obatan bagi kucing.

Keempat, agar terhindar dari dehidrasi, terutama ketika perjalanan di musim panas, siapkan semangkuk es yang dapat dijilat oleh kucing, untuk menjaganya agar tidak kepanasan. 

Hewan peliharaan.ISTIMEWA Hewan peliharaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com