Dua Ekor Orangutan "Pulang Kampung" ke Habitat Asli

Kompas.com - 31/08/2018, 14:02 WIB
Presiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia Akihito Ishii saat melepas seekor orangutan adopsi bernama Obi kembali ke habitat aslinya di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Bridgestone Tire IndonesiaPresiden Direktur Bridgestone Tire Indonesia Akihito Ishii saat melepas seekor orangutan adopsi bernama Obi kembali ke habitat aslinya di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

 

SAMBOJA, KOMPAS.com - Dua ekor orangutan adopsi yang masing-masing diberi nama Obi (6) dan Elder (6), dikembalikan ke habitat aslinya di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Mereka tampak langsung disambut teman-teman spesiesnya yang sudah lebih dulu menghuni kawasan tersebut.

Pelepasan hewan langka ini ke alam liar merupakan program “ECOPIA Supports Orangutan” dari PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN). Pelepasan Obi dari kandang dilakukan oleh Presiden Direktur BSIN Akihito Ishii. Sedangkan Elder oleh Direktur Sales dan Pemasaran Yuichi Asaoka. 
 
Obi merupakan orangutan yang sebelumnya dipelihara oleh seseorang. Sedangkan Elder merupakan orangutan yang sudah ditinggal mati induknya seminggu setelah lahir. Induk Elder mati akibat tertular penyakit TBC.
 
 
Suasana pelepasan dua ekor orangutan adopsi yang masing-masing diberi nama Obi (6) dan Elder (6), ke habitat aslinya di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Mereka tampak langsung disambut teman-teman spesiesnya yang sudah lebih dulu menghuni kawasan tersebut.Kompas.com/Alsadad Rudi Suasana pelepasan dua ekor orangutan adopsi yang masing-masing diberi nama Obi (6) dan Elder (6), ke habitat aslinya di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Mereka tampak langsung disambut teman-teman spesiesnya yang sudah lebih dulu menghuni kawasan tersebut.
 
Sebelum dilepas ke alam liar, baik Obi dan Elder telah melewati lebih dari lima tahun masa rehabilitasi di Sekolah Hutan. Mereka dilepas ke alam liar setelah dianggap siap untuk dipindahkan ke pulau pra-pelepasliaran untuk menjalani proses adaptasi lebih lanjut. 
 
Dengan kehadiran Obi dan Elder, tercatat sudah ada 11 ekor orangutan yang kini menghuni hutan konservasi Samboja. Program “Ecopia Supports Orangutan” ini merupakan hasil kerja sama Bridgestone dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). 
 
 
Seekor orangutan di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Seekor orangutan di lingkungan hutan konservasi Samboja, Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018).
 
Kegiatan tersebut mulai dilakukan pada tahun 2012, berlanjut pada tahun 2014 dan 2016 dengan total donasi yang sudah disumbangkan hingga tahun 2016 mencapai Rp 1,3 milyar. Ditambah dengan donasi pada tahun 2018 sebesar Rp 340 juta, maka total donasi tercatat sudah mencapai Rp 1,64 miliar.
 
“Program konservasi hutan dan adopsi orangutan yang kami lakukan ini merupakan salah satu wujud komitmen CSR global Bridgestone Corporation "Our Way to Serve" yang salah satu fokusnya adalah pada lingkungan," kata Akihito.
 
 
Hutan konservasi Samboja yang menjadi lokasi habitat orangutan di Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Hutan konservasi Samboja yang menjadi lokasi habitat orangutan di Kalimantan Timur, Jumat (31/8/2018).
 
Dalam kesempatan yang sama, Program Manager BOS Agus Irwanto menyatakan sangat bersyukur bisa terus melanjutkan kerjasama dengan BSIS. Ia menilai pengembalian Obi dan Elder ke habitatnya di hutan menjadi salah satu bukti kesuksesan program “ECOPIA Supports Orangutan”.
 
 
"Semakin banyak perhatian yang diberikan oleh pihak luar seperti yang diperlihatkan Bridgestone ini, maka akan semakin mempercepat proses konservasi dan rehabilitasi Orangutan Borneo agar semakin bertambah populasinya," ucap Agus.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X