Mesin Diesel Toyota Aman Konsumsi Solar B20

Kompas.com - 31/08/2018, 11:42 WIB
Mesin Toyota Innova Diesel istimewaMesin Toyota Innova Diesel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota punya beberapa model mobil bermesin diesel yang dipasarkan di Indonesia. Mulai kendaraan komersial , hingga penumpang seperti Innova, Fortuner hingga kabin ganda Hilux.

Semua mesin diesel yang ada pada mobil tersebut, diklaim tidak masalah apabila pemilik menggunakan bahan bakar minyak (BBM) solar B20.

Menurut General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi pada saat awal penerapan Bio diesel memang ada kemungkinan fuel filter lebih cepat kotor karena sifat bio itu melarutkan kotoran di tangki dan saluran bahan bakar.

Baca juga: Organda Dukung Solar B20, dengan Catatan

"Tetapi itu pada saat penggunaan awal bio diesel dan pada mobil yang sudah lama," ujar Dadi kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Rabu (30/8/2018).

Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.Innova Community (IC) Menguras tangki bahan bakar Toyota Innova.

Dadi menambahkan, karena bio diesel itu sebenarnya sudah lama, sehingga untuk sekarang tidak lagi ada masalah soal itu. Toyota pun kata dia pesanan saringan bahan bakar normal-normal saja.

"Rekomendasi kami setiap 30.000 km ganti saringan bahan bakar. Sejauh ini masih normal saja semuanya," ucap Dadi.

Mulai 1 September 2018 ini pemerintah memperluas penggunaan solar dengan campuran 20 persen minyak sawit (B20) ke kendaraan pribadi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X