Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layaknya James Bond, Aksesori Ini Bikin Pelat Nomor Berganti Otomatis

Kompas.com - 30/08/2018, 16:51 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksesori kendaraan digunakan pemilik kendaraan untuk membuat kendaraan tampil beda dan nampak menarik dibandingkan mobil lainnya. Namun ada juga aksesori yang digunakan dengan tujuan untuk sekedar mengelabui petugas di jalan raya.

Salah satunya adalah aksesori yang tengah ramai diperbincangkan ini. Melalui akun Instagram updateinfo dari seorang pengguna akun willy_marquez93 memperlihatkan sebuah aksesori yang cukup menyita perhatian.

Aksesori tersebut layaknya alat mata-mata milik James Bond atau Ethan Hunt dari Mission Impossible dimana plat nomor kendaraan dapat berubah secara otomatis. Menggunakan motor yang mungkin diatur dengan tombol atau remote, alat tersebut membawa dua plat nomer di masing-masing sisinya yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Jika dikaitkan dengan peraturan kepolisian ganjil genap di beberapa wilayah di Jakarta belakangan, aksesori ini bisa saja digunakan untuk mengelabui petugas. Meski di dalam video yang viral, sang pemilik memasang dua plat nomor yang sama-sama genap di kedua sisinya.

Baca juga: Pelanggar Ganjil-Genap Hampir 22 Ribu Mobil

Masih belum jelas apa maksud dan tujuan pemilik kendaraan menggunakan aksesori tersebut. Namun warga net sudah mewanti-wanti petugas kepolisian untuk berjaga-jaga dengan kemampuan alat pengganti plat nomor ini.

Dari penelusuran Kompas.com, belum ada yang menjual alat ini di pencarian jagat maya. Hanya ada berita mengenai aksesori ini di luar negeri yang memang di jual untuk kebutuhan film aksi.

Warganet berharap pihak kepolisian untuk mengawasi keberadaan aksesori ini karena dapat digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Main curang #maincurang #penipuan #tertipubaikmu

A post shared by willy andrean (@willy_marquez93) on Aug 6, 2018 at 7:07am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com