Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah "Stuntman" Jokowi di Video Moge Pembukaan Asian Games?

Kompas.com - 19/08/2018, 08:58 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video yang menceritakan perjalanan Presiden Joko Widodo mengendarai motor besar (moge) diputar saat pembukaan Asian Games 2018. Bak film action, videonya menampilkan beberapa adegan ekstrim, dari mulai "stoppie" hingga melompat melewati truk.

Usai video tersebut mendapat perhatian banyak orang, sebuah akun instagram seorang stunt rider asal Thailand tampak dikunjungi para warganet Indonesia. Unggahan terakhir akun bernama Suddum So  itu memang memperlihatkan foto saat ia dan motor yang ditungganginya berada di ketinggian karena diangkat dengan tali.

Pada unggahan tertanggal 3 Agustus tersebut, pemilik akun tampak menuliskan keterangan "behind the scenes". Suddum tak menuliskan keterangan lebih rinci, namun latar belakang foto yang diunggahnya sangat persis dengan adegan saat Jokowi diceritakan melompati truk.

Baca juga: Moge yang Dipakai Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).INASGOC/Rosa Panggabean Presiden Joko Widodo mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Dalam video moge, motor yang diketahui dikendarai oleh Jokowi adalah Yamaha FZ1. Motor ini merupakan tunggangan yang dipakai unit pengawalan bermotor Paspampres.

FZ1 merupakan moge Yamaha bergaya naked bike streetfighter yang menggendong mesin 4-silinder berkubikasi 998cc DOHC dengan sistem injeksi. Jantung pacu tersebut dapat menyemburkan tenaga hingga 150 tk dengan torsi 106 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Baca juga: WNA: Jokowi Datang Kendarai Sepeda Motor, Dia seperti Tom Cruise!

Tak diketahui pasti berapa harganya. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut FZ1 yang dipakai Paspampres merupakan pesanan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com