Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir ke Indonesia, Bule Irlandia "Solo Touring" Lintas Negara

Kompas.com - 16/08/2018, 16:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempuh perjalan jauh mengendarai sepeda motor bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bila  perjalanan yang dimaksud adalah touring lintas negara, seperti yang dilakukan Michael Joy.

Pemuda berusia 24 tahun asal Irlandia ini nekat melakukan solo touring dari negaranya menuju Indonesia dengan motor petualang asal Inggris, Triumph 800 XCX. Menurut Michael, sebenarnya tujuan akhir dia adalah ke Australia, namun ketika ia melintas di Aceh, ia bertemu beberapa biker hingga akhirnya ia singgah di Jakarta dan ikut seremoi peluncuran Triumph New Tiger 800 XCX di Jakarta.

"Tujuan saya ke Australia. Total perjalanan dari Irlandia sampai Indonesia sekitar 45.000 km, lebih jauh karena saya mengambil rute berbeda untuk bertualang, dan merasakan medan off-road, kalau mau ambil rute lebih cepat ada, tapi saya tidak ambil," kata Michael ketika ditemui beberapa media.

Baca juga: Pasangan Kakek-Nenek Touring Bersama Menikmati Usia Senja

Menurut Michael, sebenarnya tujuan dirinya melakukan touring dunia bukan untuk membutikan ketangguhan Triumph Tiger 800 XCX, namun lebih untuk mengejar kepuasan untuk berpetualang. Bahkan dia pun mejelaskan bila Tiger 800 XCX ternyata merupakan moge pertamanya yang pernah ia miliki.

Bahkan dua bercerita sebelum memulai perjalanan, dia sampai melakukan latihan khusus off road selama tiga hari. Hal tersebut penting dilakukan karena dia benar-benar tak mengerti bagaimana menghadapi medan off road apalagi dengan motor besar.

Triumph Tiger 800 XCX yang dipaaki Michael untuk lintas negaraSTANLY RAVEL Triumph Tiger 800 XCX yang dipaaki Michael untuk lintas negara

"Selama tiga hari saya melakukan latihan khusus, seperti kelas private. Tiger ini saya pilih karena punya dimensi besar dan mesinya tiga sillinder, dan selama perjalan saya tidak alami kendala teknis. Tapi jujur saya hingga beberapa kali jatuh bangun di medan off road," ucap Michael.

Kisah terjatuh dari motor selama perjalanan bukan sekali dua kali, Michael mengaku sampai lupa berapa kali ia harus mencium tanah di medan terjal, salah satu yang membuatnya cukup lelah adalah ketika harus mendirikan motornya yang terjatuh, beruntung selalu ada warga lokal yang membantunya.

Tidak hanya itu, saat memacu tunggangannya di jalan aspal ia sempat terjatuh parah hingga membuat box kompartemen berbahan alumunim pada samping kanan penyok. Untungnya, dia tidak mengalami luka serius, namun akibat insiden tersebut ia terpaksa bermalam sehari di rumah sakit.

Triumph Tiger 800 XCX yang digunakan Michael untuk lintas negara.STANLY RAVEL Triumph Tiger 800 XCX yang digunakan Michael untuk lintas negara.
Baca juga: Cerita Touring Bersama Jokowi di Sukabumi

"Medan terjal selama perjalan paling berkesan di Eropa Timur dan Kazakhstan. Medanya cukup menantang ditambah cuaca yang ekstrim, tapi saya menikmatinya, sampai harus bikin tenda sendiri. Mungkin puluhan kali, kalau yang parah itu bila tidak salah di Turkmenistan, saya harus menginap di rumah sakit untuk menjalani rontgen, untungnya tidak apa," cerita Michael sambil tersenyum.

Pemuda Irlandia yang melakukan touring sendiri lintas negara menuju Australia.STANLY RAVEL Pemuda Irlandia yang melakukan touring sendiri lintas negara menuju Australia.

Saat ditanya kapan ia akan meneruskan perjalannya menuju Australia, dia menjelaskan belum bisa diprediksi kapan. Tapi sebelum menuju ke negara Kanguru, ia masih ingin mampir ke Bali dan menjajal medan di Kalimantan yang menurutnya cukup menantang untuk dilalui.

"Saya mohon doanya untuk sampai tujuan, saya harap tidak ada masalah sehingga saya bisa selesaikan perjalanan nanti," kata Micael.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com