Skutik 250 Bukan Cuma XMAX dan Forza

Kompas.com - 15/08/2018, 10:02 WIB
Downtown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Kompas.com/Alsadad RudiDowntown 250i, salah satu produk skutik Kymco Indonesia yang dipamerkan saat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini meluncurkan produk skuter matik (skutik) terbarunya, Forza 250. Kehadirannya dianggap sebagai rival bagi skutik andalan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di segmen yang sama, yakni XMAX.

Kendati demikian, segmen skutik 250 di Indonesia sebenarnya bukan hanya diisi dua produk tersebut. Sebab masih ada dua skutik lainnya yang kini juga beredar di pasaran. Keduanya adalah Benelli Zafferano 250 EFI dan Kymco Downtown 25Oi.

Baca juga: Honda Forza Jagoan Baru AHM di GIIAS 2018

Benelli adalah produsen sepeda motor Italia yang kini diakuisi oleh Qianjiang Group asal China. Sedangkan Kymco merupakan salah satu pelopor motor skutik di Indonesia. Produsen ini berasal dari Taiwan.

Zafferano 25o EFI, salah satu skutik bongsor Benelli yang didiskon selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Zafferano 25o EFI, salah satu skutik bongsor Benelli yang didiskon selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Dibanding Forza dan XMAX, Zafferano dibanderol Benelli dengan harga yang lebih murah, yakni hanya Rp 45,6 juta. Per Agustus 2018, Benelli bahkan memberi diskon Rp 6 juta untuk motor ini.

Zafferano dibekali bagasi luas di bawah jok yang bisa menampung dua helm sekaligus. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter. Motor ini juga mengadopsi cakram ganda di bagian roda depan.

Dari segi dimensi, Zafferano memiliki panjang 2.168 mm, lebar 796 mm, dan tinggi 1.434 mm. Beratnya mencapai 155 kilogram.

Untuk dapur pacu, Zafferano mengusung mesin berkubikasi 249,7 cc. Mesin ini tercatat sanggup menghasilkan tenaga mencapai 15,5 Kw dan torsi 20,83 Nm.

Baca juga: Godaan Produk Baru Benelli di Kemayoran

Kymco Downtown 250iFebri Ardani/Otomania Kymco Downtown 250i

Sementara itu, Downtown dibanderol Kymco dengan harga Rp 68 juta. Lebih mahal dari XMAX (Rp 57,8 juta), namun sedikit lebih murah dari Forza (Rp 70 juta).

Downtown dibekali tangki yang mampu menampung bahan bakar hingga 12,5 liter. Seperti skutik gambot lainnya, motor ini juga dibekali bagasi yang bisa menampung dua helm.

Dari segi dimensi, Downtown memiliki panjang panjang 2.250 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.310 mm. Beratnya mencapai 178 kilogram.

Baca juga: Kenalan Skutik Maxi Kymco Penantang Yamaha XMAX

Motor ini menggendong mesin 246,3 cc. Dari data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 17,1 Kw dan torsi 23,14 Nm.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X