Hyundai H-1 Jadi Mobil Pintar Jasa Marga

Kompas.com - 13/08/2018, 14:02 WIB
Hyundai H-1, jadi Mobil pintar Jasa Marga untuk survei kondisi jalan tol Dok. Jasa MargaHyundai H-1, jadi Mobil pintar Jasa Marga untuk survei kondisi jalan tol
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero), kini memiliki mobil pintar untuk mengukur data aset dan kondisi jalan yang lebih akurat. Mobil berbasis Hyundai H-1 ini disebut dengan nama Hawkeye 2000.

Hawkeye 2000 diproduksi oleh Australian Road Research Board (ARRB) yang merupakan perusahaan penyedia layanan pengumpulan data jalan. Mobil ini akan beroperasi melalui integrasi dari beberapa peralatan sensor yang spesifik dalam mendapatkan data karakteristik dan kondisi elemen jalan.

"Perlatan pendukung Hawkeye 2000 dirancang secara modular untuk memungkinkan penyesuaian terhadap perkembangan yang dibutuhkan pengguna dan dapat dipasang sesuai dengan berbagai jenis kendaraan," ujar Direktur Utama JMTM Roy Ardian Darwis dalam siaran resminya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jasa Marga Bedah Puluhan Mercy untuk Lomba Evakuasi

Lebih lanjut Roy menjelaskan bahwa kendaraan pintar ini dilengkapi berbagai sensor. Mulai dari GPS and DGPS, Laser Profiler, Auto Crack Detection Profiler, Gipsitrec Geometry, Distance Measurement Instrument, Asset Cameras, serta Software Hawkeye Processing Toolkit.

Untuk data yang dihasilkan berupa elemen geometrik jalan yang meliputi crossection jalan, lengkung verikal, horizontal dan superelevasi, jumlah dan nilai naik dan turun kelandaian, juga konfigurasi jalan. Untuk data asset meliputi banggunan pelengkap seperti median, separator, JPO, serta perlengkapan jalan layaknya marka dan VMS.

Hyundai H-1, jadi Mobil pintar Jasa Marga untuk survei kondisi jalan tolDok. Jasa Marga Hyundai H-1, jadi Mobil pintar Jasa Marga untuk survei kondisi jalan tol

Sementara data kondisi permukaan perkerasan jalan yang disurvei meliputi alur, retak, lubang, sampai teksutr. Hawkeye 2000 juga akan memberikan informasi mengenai nilai kekerasan permukaan jalan.

Baca juga: Impresi Generasi Baru Hyundai Santa Fe

Menurut Roy, saat ini kendaraan Hawkeye 2000 yang memiliki spesifikasi lengkap ini baru tersedi dua unti di Indoensia. Satu dimiliki JMTM dan satu lagi dioperasikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Dengan melihat kemampuan yang lebih baik dalam sistem proses pengukuran, pengarsipan, dan analisis secara komputerais, proses ini sangat mendukung terhadap sistem manajemen pemeliharaan jalan tol dan pengoperasian guna memberikan layanan kepada pengguna sesuai SPM yang ditetapkan," ucap Roy.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X