Kompas.com - 11/08/2018, 18:05 WIB
Pengunjung pameran GIIAS 2018 memadati All New Jimny Kompas.com/Setyo AdiPengunjung pameran GIIAS 2018 memadati All New Jimny
Penulis Stanly Ravel
|


TANGERANG, KOMPAS.com - Selama beberapa hari dibuka, selama pantauan Kompas.com di lokasi pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 terasa lebih sepi pengunjung dari ajang srupa tahun lalu. Situasi ini terjadi hampir setiap hari, bahkan pada akhir pekan.

Pihak penyelenggara pameran, Seven Events juga enggan mebeberkan data jumlah pengunjung harian, kebiasaan yang biasa dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Sabtu (11/8/2018), upaya untuk mendongkrak keramiaan dilakukan pihak penyelnggara pameran. Terlihat, beberapa komunitas pecinta otomotif diundang untuk hadir. Panitia pun menyediakan tiket masuk gratis yang dijual saat weekend dengan harga Rp 100.000.

Alhasil, dua hari jelang penutupan, suasana pameran terlihat lebih ramai dibandingkan weekend pertama. Dari pagi hari, ratusan komunitas dari beragam mobil sudah mulai memadati pintu masuk, bahkan parkiran luar di Hall 10 yang biasa dipadati mobil pengunjung sudah disesaki kendaraan komunitas.

Baca juga: Toyota Ajak Komunitas Diskusi Soal Avanza Terbaru


Sebagain komunitas yang Kompas.com temuimdi lokasi, mengaku mendapat undangan dari agen tunggal pemegang merek (ATPM), tapi ada juga yang diundang oleh pihak diler. Salah satunya seperti komunitas Suzuki Ignis yang tergabung dalam IGNITY.

"Kami memang diundang dari pihak Suzuki, karena kami sekaligus ada acara deklarasi IGNITY menjadi klub resmi Suzuki yang ke-13. Total tadikami dapat 120 tiket," ucap Chandra dari IGNITY.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara salah satu komunitas Honda Jazz Fit Club (JFC), menggaku mendapat tiket undangan GIIAS dari diler untuk datang melihat pemeran otomotif. "Kami dapat tiket dari diler, jumlah tiket saya kurang tahu, cuma memang disuruh datang saja," ucap Ron salah satu anggota JFC.

Komunitas kunjungi GIIAS 2018 Komunitas kunjungi GIIAS 2018

Lalu apakah langkah ini menjadi strategi Seven Event sebagai pihak penyelenggara untuk mendongkrak jumlah pengunjung, atau memang hanya sebagai salah satu fasilitas yang diberikan agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk komunitas yang dinaunginya.

Menjawab hal ini, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto, menjelaskan, bila tindakan mengundang komunitas merupakan hal yang wajar dilakukan, tidak semata-mata bertujuan untuk mendongkrak jumlah pengunjung semata.

Baca juga: Gaikindo Akui Pengunjung GIIAS Sepi di Akhir Pekan

"Kalau komunitas dan pecinta otomotif kami datangkan atau dari ATPM dengan cuma-cuma itu hal yang biasa, sama halnya dengan kami menggundang mahasiswa atau murid-murid sekolah. Kami berikan kesempatan itu agar mereka juga bisa melihat perkembangan otomotif dan mungkin ada diantara mereka juga yang akhirnya tertarik membeli aksesori dan lainnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com.

Suzuki resmikan komunitas IGNITY di GIIASSIS Suzuki resmikan komunitas IGNITY di GIIAS

Selain itu, Jongkie juga menampik anggapan adanya penurunan jumlah pengunjung. Karena menurut pantuannya, setip hari di GIIAS cukup ramai.

"Saya hampir tiap hari di GIIAS, saya lihat cukup ramai. Secara angka saya belum lihat atau membandingkan, tapi harus diingat, tahun lalu itu ada libur panjang saat 17 Agustus, sekarang ini tidak ada. Selain itu, sukses tidaknya pameran juga tidak selalu barometernya dari pengunjung saja kan," papar Jongkie.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X