Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Jadi Tercepat di Sesi Tes Brno

Kompas.com - 08/08/2018, 10:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BRNO, KOMPAS.com - Sesi tes setelah balapan di sirkuit Brno, Ceko, Senin (6/8/2018), dimanfaatkan tim balap pabrikan MotoGP untuk mendapatkan masukan dari pebalap terhadap motor yang akan mereka gunakan sampai akhir musim atau musim depan. Salah satunya pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez yang merasa tes saat ini membantu memecahkan masalah yang dirasakan sejak awal musim.

Marquez langsung berada di posisi atas catatan waktu mengungguli dua pebalap Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Pebalap Spanyol tersebut tercatat mencoba empat ubahan di RC213V selama tes termasuk satu motor yang berwarna hitam seperti yang digunakan saat post test di Barcelona.

"Saya mencoba beberapa hal dan hasilnya cukup positif. Beberapa bagian memecahkan masalah yang kami rasakan sejak balapan terakhir. Saya tidak lebih cepat setengah detik tapi ini dapat membantu di akhir balapan," ucap Marquez seperti dikutip dari Motorsport.com Selasa (7/8/2018).

Marquez mengelak motor yang digunakanya adalah motor untuk 2019. Ia berkilah motor tersebut sudah digunakan saat tes di Barcelona dan ia menggunakan motor itu untuk finalisasi tes.

Baca juga: Saat Marc Marquez Menari Ala Katy Perry

Marquez juga mengungkapkan salah satu area yang difokuskan selama tes adalah ban depan. Honda mencoba mencari jawaban mengapa Ducati dan Yamaha dapat menggunakan ban berkompon soft dengan baik.

"Kami ingin memahami kenapa pabrikan lain dapat menggunakan ban berkompon lunak sedangkan kami selalu dengan kompon yang keras. Sesekali ketika temperatur sangat tinggi, kami kesulitan. Untuk itu saya berkendara pada tengah hari saat suhu 55 derajat untuk coba memahami karakter ban," ucap Marquez.

Rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa jadi ketiga tercepat dalam sesi tes tersebut. Menjeaskan kemajuan yang ia dapatkan Pedrosa mengungkapkan kondisi trek saat ini membuatnya melaju lebih cepat.

"Kemarin, saat balapan, sangat sulit. Tidak ada cengkraman bagian belakang. Saat tes kali ini kondisinya berbalik. Saya mendapatkan cengkeraman ban lebih cepat dan dapat melaju lebih kencang di tengah dan sudut kelokan," ucap Pedrosa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com