Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Honda Sosialisasikan Teknologi Hybrid i-MMD

Kompas.com - 07/08/2018, 17:23 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com – Menyelaraskan rema “Accelerating Innovation”, PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa mesin peraga berteknologi Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Mesin ini dibawa pertama kalinya dalam ajang GIIAS 2018 yang menunjukan inovasi Honda untuk menghasilkan performa berkendara yang lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan sporty.

i-MMD bekerja menggunakan tenaga motor tanpa menyalakan mesin terus menerus. Dengan demikian konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Sementara tenaga motor dan mesin berbahan bakar akan berkerja secara begantian selama perjalanan sehingga teknologi i-MMD ini menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dari mesin konvensional.

Selain efisiensi, i-MMD juga mampu memberikan akselerasi lebih responsif dibandingkan mesin konvensional. Kondisi ini terjadi karena i-MMD menggunakan tenaga motor yang dapat memberik respon lebih cepat saat kaki menginjak pedal gas. Dengan begitu waktu yang diperlukan untuk berakselerasi lebih singkat.

Baca juga: Teka-teki Hilangnya Pintu Kaca pada Honda Brio Baru

Marketing and After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy, mengatakan dengan kehadiran alat peraga, pengunjung bisa melihat simulasi kerja mesin Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dan menambah jarak tempuh mobil secara signifikan.

“Ajang GIIAS merupakan momen yang tepat bagi kami untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai berbagai teknologi Honda, salah satunya dengan memeragakan cara kerja mesin Hybrid i-MMD sebagai inovasi untuk mesin yang lebih ramah lingkungan dan efisien,” ucap Jonfis dalam siaran resminya.

Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD)HPM Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD)

Guna memberikan pengalaman berbeda, teknologi i-MMD menyediakan tiga mode berkendara yang akan berganti secara otomatis sesuai dengan medan jalan. Ketigga mode tersebut adalah EV Drive Mode yang menggunakan tenaga baterai, Engine Drive Mode menggunakan bahan bakar bensin, dan Hybrid Drive Mode yang memadukan keduanya.

Efisiensi bahan bakar yang tinggi pada teknologi i-MMD dicapai berkat adanya sinergi lima sistem berbeda, yakni Generation and Drive Motors, mesin 2.0L Atkinson-cycle DOHC i-VTEC, Lithium-Ion Battery, Engine-linked Clutch, dan sebuah PCU (Power Control Unit).

Baca juga: Lebih Dekat dengan Mobil Emosional Honda

Sistem Generation and Drive Motors menyediakan tenaga setara mesin 3.0L dalam bentuk yang lebih ringkas, sedangkan mesin 2.0L DOHC i-VTEC mewujudkan efisiensi bahan bakar dan memberikan output yang lebih besar ketika dipadukan dengan tenaga listrik. Lithium-Ion Battery didesain dengan kapasitas penyimpanan listrik lebih besar sehingga mengurangi kerja dari mesin berbahan bakar.

Untuk Engine-linked Clutch dibuat ringkas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke setiap roda. Sedangkan yang terakhir, Power Control Unit (PCU) berguna mengontrol dua motor penggerak serta mengurangi suhu panas yang ditimbulkan oleh pemakaian tenaga listrik secara masif, serta memastikan pengoperasian yang stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com