Soal Data Penjualan, Gaikindo Akan Temui KPPU

Kompas.com - 07/08/2018, 11:43 WIB
Jumpa pers yang digelar Gaikindo, di Jakarta, Selasa (22/5/2018) terkait penyelengaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Kompas.com/Alsadad RudiJumpa pers yang digelar Gaikindo, di Jakarta, Selasa (22/5/2018) terkait penyelengaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana untuk menemui Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU), setelah gelaran GIIAS 2018 rampung.

Ini menyusul gejolak soal pernyataan pihak KPPU, yang mengimbau para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, untuk tidak lagi mengumpulkan data penjualan ke asosiasi, seperti Gaikindo maupun Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

“Kami ingin bertemu KPPU, ingin membahas masalah ini dan lain-lainnya, rencananya akan dilakukan setelah pameran GIIAS usai,” ujar Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo, Senin (6/8/2018).

Baca juga: KPPU Buka Ruang Diskusi dengan Asosiasi Otomotif

Mewakili Gaikindo, Jongkie menuturkan, pihaknya menyerahkan semua ke KPPU, jika memang peraturannya diubah mereka bakal mengikutinya. Pasalnya, pengumpulan data penjualan yang dilakukan  Gaikindo sudah sesuai dengan regulasi.

“Kami tidak berani jika tidak ada payung hukumnya. Ini sesuai dengan PMK Nomor 228 tahun 2017. Sebenarnya juga tak hanya Gaikindo yang diberi tugas itu, tapi juga beberapa asosiasi dari sektor bisnis lain,” ujar Jongkie.

Sejauh ini sudah ada dua Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di dalam negeri, yang dicabut keanggotaannya dari Gaikindo, lantaran tak menyerahkan data penjualan. Dimulai dari Mercedes Benz kemudian disusul oleh Kia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.