Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Mobil Honda Siap Sambut Euro IV

Kompas.com - 04/08/2018, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Rencana pemerintah meningkatkan standar emisi gas buang menjadi bahan bakar Euro IV, disambut baik oleh semua produsen otomotif di Tanah Air. Salah satunya oleh Honda Prospect Motor (HPM).

Marketing and After Sales Service Director Honda Prosect Motor (HPM) Jonfis Fandy, menjelaskan, semua line-up yang dimilikinya sejak lama sudah siap menyambut Euro IV.

"Kalau untuk produk Honda sudah siap, semua sudah Euro IV compliance. Pemerintah sudah mengumumkan kalau Oktober ini akan berlaku," ucapnya di Tangerang, Jumat (3/8/2018).

Baca juga: Meski Sudah Berlaku Euro IV, Harga BMW Tanpa Kenaikan

Lebih lanjut Jonfis menjelaskan, produk Honda yang siap menenggak BBM Euro IV bukan hanya mobil terbaru seperti HR-V dan Brio, tapi juga untuk produk yang sudah banyak dinikmati oleh masyarkat. Artinya, sudah sejak lama HPM mempersiapkan Euro IV pada tiap produk.

Standar emisi Euro IV.motorcyclelife.com.au Standar emisi Euro IV.

"Konsumen yang sudah pakai atau beli mobil Honda sebelumnya tidak usah khawatir, karena memang mobilnya sudah compliance," kata Jonfis.

Baca juga: DFSK Glory 580 Sudah Berstandar Emisi Euro IV

Seperti diketahui, meski sudah banyak kemajuan teknologi dalam dunia otomotif yang masuk ke Tanah Air, namun dari sisi kualitas bahan bakar sampai saat Indonesia masih mengadopsi Euro II. Tapi sesaat lagi, pemerintah akan menerapkan Euro IV yang aturanya telah tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Dalam aturan tersebut, tertulis bahwa mobil semua mobil bensin yang diproduksi wajib menerapkan standar Euro IV mulai September 2018. Sementara yang bermesin diesel akan diterapkan pada Maret 2021 mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com