Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mini Cooper Countryman Dirakit Lokal, Harga Lebih Murah

Kompas.com - 03/08/2018, 18:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - BMW Group of Indonesia mengumumkan bahwa Mini Countryman kini sudah dirakit lokal. Pengumuman itu disampaikan pada hari kedua penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (3/8/2018).

Tercatat ada dua varian Mini Countryman yang akan mulai dirakit lokal. Keduanya adalah New Mini Cooper Countryman dan Mini Cooper S Countryman Sports.

Banderol harganya pun jadi lebih murah dibanding model sebelumnya yang masih diimpor utuh alias completely build up (CBU) dari Inggris. Berikut rinciannya:

Nama Varian Harga Model Sebelumnya (CBU) Harga Model Baru (Rakitan Lokal)
New Mini Cooper Countryman Rp 660 juta Rp 599 juta
Mini Cooper S Countryman Sports Rp 865 juta Rp 769 juta

* Harga Off The Road

BMW Group of Indonesia menyatakan, mulai dirakitnya Countryman secara lokal tidak akan mengurangi standar dari produk tersebut. Semua fitur-fitur yang melekat di model CBU tetap akan ada di model rakitan lokal.

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan, keputusan merakit Countryman secara lokal merupakan pertama kalinya sejak kemunculan Mini di Indonesia. Sebagai bagian dari BMW Group, Mini Indonesia merakit New MINI Countryman di BMW Production Network 2 di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: Janji BMW Terus Tambah Mobil Rakitan Indonesia

"Pencapaian ini sangat penting bagi Mini Indonesia. Karena pastinya dapat memajukan industri otomotif lokal. Saya sangat bangga MINI Indonesia dapat meluncurkan New Mini Countryman hasil rakitan anak bangsa," ujar Ramesh.

New Mini Cooper S Countryman Sports yang sudah dirakit secara lokal saat dipamerkan pada hari kedua GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (3/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi New Mini Cooper S Countryman Sports yang sudah dirakit secara lokal saat dipamerkan pada hari kedua GIIAS 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (3/8/2018).

Sementara itu, President Director PT Gaya Motor Ary Mariano menyatakan kebanggaannya. Menurut Ary, ikut serta dalam proses produksi New Mini Countryman di Indonesia menjadi sebuah kebanggaan khusus untuk PT Gaya Motor. Hal itu memperlihatkan adanya kepercayaan penuh dari BMW Group terhadap kemampuan pihaknya dalam merakit.

"Apalagi Mini adalah sebuah brand ikonik dengan sejarah yang amat kaya dan memiliki penggemar yang sangat loyal," ujar Ary.

Mini Countryman rakitan lokal sudah bisa dipesan. Namun proses pembuatannya direncanakan baru dimulai September mendatang.

Baca juga: Generasi Ketiga BMW X3 Resmi Dirakit di Sunter

BMW Group of Indonesia menjanjikan proses inden akan lebih cepat. Jika pada pemesanan model CBU bisa memakan waktu hingga enam bulan, maka dengan rakitan lokal bisa diupayakan hanya dua bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com