Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Mau Turun Kelas, Main di Mesin 250 cc?

Kompas.com - 01/08/2018, 12:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHarley-Davidson (HD) berencana akan menghadirkan 21 model baru dalam jangka waktu empat tahun mendatang. Pabrikan motor asal Amerika Serikat ini menyasar pasar motor yang lebih besar untuk menjangkau beragam konsumennya.

Dilansir dari Motorcyclenews.com, HD ingin menyasar konsumen yang lebih muda baik untuk merek maupun model motor yang ditawarkan. Ini sebabnya HD juga berkonsentrasi pada motor dengan ukuran mesin sedang serta elektrik.

Selain itu, HD juga berniat untuk memodernisasi dan meningkatkan model terpopuler mereka seperti tourer dan cruiser dengan menawarkan perangkat elektronik baru dan menambahkan fitur konektivitas.

Termasuk mengubah cara diler mereka berjualan dan beroperasi serta mencoba untuk menjual secara langsung melalui online.

Rencana paling ambisius hadir di model menengah mereka. HD akan menghadirkan 16 model baru di segmen ini dengan model terbaru adalah Pan America 1250 adventure bike. Model-model yang diperbarui termasuk Streetfighter 975 dan Custom 1250 serta model Scrambler, Flat tracker, dan beberapa sport model.

Baca juga: Pakai Surjan, Ratusan Harley Lawas Cetak Rekor MURI

Model sepeda motor listrik Harley-DavidsonMCN Model sepeda motor listrik Harley-Davidson

Model-model terbaru ini diperkirakan akan hadir mulai 2020 sampai 2022. Mesinnya beragam dengan ukuran mulai 500 cc sampai 1.250 cc.

Dari konsep kendaraan listrik HD Livewire yang diluncurkan empat tahun lalu, HD akan membawa versi produksi motor tersebut untuk dikenalkan pada pasar dunia. Diperkirakan mulai tahun depan, HD memperbesar kemungkinan model yang hadir adalah dua sepeda motor listrik dan dua model kendaraan listrik ringan.

Hal yang paling menarik dari rencana HD beberapa tahun ke depan adalah pemikiran untuk membuat mesin kecil. HD berencana masuk ke pasar yang tengah berkembang, yakni 250 cc. Pasar yang disasar pertama adalah India karena  HD berpartner dengan pabrikan lokal di sana dan berharap dapat memasarkan hingga ke Amerika Selatan dan Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com