Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Benar Rawat Kaca Helm

Kompas.com - 01/08/2018, 12:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm jadi aksesori wajib pengendara sepeda motor. Salah satu bagian penting dari helm ada visor atau kaca helm.

Visor helm diharapkan selalu dalam keadaan bersih agar tidak menghalangi pandangan pengendara saat berkendara. Untuk itu perawatan visor wajib dilakukan secara berkala.

"Paling gampang itu kaca helm dicopot dari pengaitnya, taruh di ember yang ada airnya lalu celupkan dan goyangkan. Ini untuk melepaskan partikel debu dari permukaan kaca," ucap salah satu pendiri komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato saat ditemui beberapa waktu lalu.

Bila tidak menemukan ember, cukup gunakan air mineral lalu disemprotkan ke kaca helm layaknya keran dibuka. Ini biasa dilakukan saat di tengah perjalanan jauh atau touring.

Baca juga: Ini yang Wajib Dilakukan saat Pertama Beli Helm

Setelah membasahi kaca helm, langkah berikutnya adalah membiarkan kering. Perhatikan untuk tidak langsung menjemur di bawah sinar matahari.

"Setelah kering baru dilap pakai kain mikrofiber. Mikrofibernya harus diperhatikan, jangan gunakan yang sudah dipakai lap untuk bahan lain," ucap Eato.

Khusus untuk visor iridium atau kaca helm yang berwarna-warni juga ada perlakuan khusus.

"Masih pakai air biasa tapi hindari penggunaan sabun. Sabun buat lapisan warnanya itu cepat mengelupas. Kalau benar merawatnya lapisan itu awet dan tahan lama," ucap Eato.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com