Cara Rawat Helm yang Benar, Modal "Donut" - Kompas.com

Cara Rawat Helm yang Benar, Modal "Donut"

Kompas.com - 31/07/2018, 12:42 WIB
Salah satu helm merek Arai yang sudah dijual dengan harga diskon di salah satu tempat penjualan helm di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu helm merek Arai yang sudah dijual dengan harga diskon di salah satu tempat penjualan helm di arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm jadi perangkat keamanan wajib bagi pengguna sepeda motor. Meski perannya sangat penting untuk keselamatan, masih banyak pengendara motor yang tidak mengerti bagaimana cara perawatan yang baik dan benar.

Salah satu pendiri komunitas pecinta helm Belajar Helm Salcomo Eato mengungkapkan, perawatan helm sebenarnya cukup mudah. Modalnya hanya tatakan helm yang biasa disebut donut.

"Setiap habis dipakai, helm dibalik ditaruh di donut tersebut. Atau kalau tidak ada, bisa pakai helm untuk alas agar permukaan cat helm tidak lecet. Tujuan dibalik untuk membiarkan uap panas keluar dulu biar dalamnya helm awet," ucap Eato saat ditemui beberapa waktu lalu.

Tempat mendinginkan helm pun harus diperhatikan jangan sampai terkena matahari langsung, cukup diangin-anginkan. Setelah membiarkan uap panas keluar selama beberapa saat giliran bagian luar dibersihkan.

Baca juga: Modifikasi Helm Ini Bikin Polisi Penasaran

Eato mengungkapkan modalnya cukup kain pengering yang didedikasikan untuk pembersih helm. Bilas lap dengan air, lalu peras, kemudian ditepuk-tepuk di permukaan helm.

"Jangan dilap dulu, takutnya debu masih ada yang menempel. Kalau ditepuk-tepuk debunya terangkat kain basah. Lihat dengan bantuan pencahayaan untuk melihat debu masih ada atau tidak," ucap Eato.

Setelah membersihkan debu, cuci kain lap dengan air. Kemudian lap bagian luar helm.

"Yang penting punya lap yang memang untuk lap helm. Jangan lapnya bekas untuk membersihkan lain-lain," ucap Eato.


Komentar
Close Ads X