Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2018, 18:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
 
TANGERANG, KOMPAS.com - Tukar tambah merupakan salah satu cara yang dipakai sebagian konsumen mobil di Indonesia untuk mengganti mobil lama dengan yang baru. Metode ini digunakan untuk memperingan biaya yang timbul saat pembelian mobil baru. 
 
Guna mengakomodir tipe konsumen seperti itulah, saat ini terdapat unit usaha dari grup Astra International yang menyediakan jasa layanan pembelian mobil baru dengan cara tukar tambah di jaringan diler Aut02000. Nama layanannya adalah Toyota Trust yang sudah mulai beroperasi sejak April 2017 silam. 
 
Business Strategy Manager Toyota Trust David Tuerah mengatakan, Toyota Trust tidak hanya menerima mobil belas merek Toyota saja.
 
Tapi segala jenis merek dan model mobil penumpang untuk ditukar dengan mobil Toyota terkini. Dengan cara ini, konsumen bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu Iagi keliling showroom mobil bekas.
 
 
Bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Bengkel resmi Auto2000 Toyota di Jalan Siliwangi, Bogor pada Minggu (31/12/2017). Bengkel Auto2000 di Bogor merupakan satu dari empat bengkel resmi Toyota yang tetap buka 24 jam selama musim liburan panjang Natal dan Tahun Baru, tepatnya dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.
 
"Toyota Trust juga bekerjasama dengan showroom mobil bekas di seluruh Indonesia yang sudah memiliki reputasi, sehingga harga yang kami tawarkan dapat bersaing di pasar. Dan yang terpenting, konsumen dipastikan bebas dari upaya penipuan," kata David saat acara peresmian diler Toyota Trust di Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Senin (30/7/2018). 
 
Sebagai informasi tambahan, saat ini Toyota Trust sudah berjalan di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Tahun depan Toyota Trust juga akan melakukan ekspansi di beberapa daerah di pulau Jawa.
 
 
"Pengembangan sayap bisnis dengan meresmikan diler yang menerima dan menjual mobil bekas Toyota juga merupakan bukti komitmen Toyota Trust untuk selalu menjaga loyalitas konsumen," ucap David
 
 
 
Diler Suzuki di daerah Kenjeran, Surabaya SBTIstimewa Diler Suzuki di daerah Kenjeran, Surabaya SBT
 
Toyota bukanlah satu-satunya produsen mobil yang menerima tukar tambah mobil bekas dari merek lain. Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui juga memiliki layanan serupa yang diberi nama gerai Suzuki Auto Value.
 
Gerai mobkas ini terbuka buat umum buat konsumen, tanpa melihat merek selain Suzuki. Artinya, tukar-tambah dari bukan menjadi Suzuki bisa dilakukan.

Gerai ini juga berjanji berani membeli harga mobkas konsumen lebih tinggi ketimbang pebisnis konvensional, tetapi sesuai kondisi mobil. Selain merek lain, Suzuki Auto Value juga menerima penjualan mobil konsumen yang masih memiliki status kredit (mencici) dan ingin tukar tambah. 

Konsumen cukup hubungi pihak Suzuki Auto Value, setelah itu akan dilakukan pengecekan unit. Mulai dari kondisi fisik sampai kontrak dengan pihak pembiayaan untuk melihat sisa pembayaran yang harus dilakukan.

"Dari nomor kontrak nanti kita bisa cek sendiri riwayat kreditnya gimana, selanjutnya tinggal melunasi sisa dan menentukan harga jual ke konsumen," ucap Suzuki Value Development and Automotive Relates Departemen Hendro H Kaligis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.