Pebalap MotoGP Khawatirkan Aspal Sirkuit Silverstone

Kompas.com - 29/07/2018, 11:31 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

MADRID, KOMPAS.com - Para pebalap MotoGP mengkhawatirkan kondisi aspal Sirkuit Silverstone yang bergelombang di beberapa bagian. Kekhawatiran tersebut muncul setelah mereka mendengar keluhan sama yang disampaikan para pebalap Formula 1.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang dilaporkan sudah sempat melihat langsung Silverstone, menilai trek tidak dalam kondisi baik. Sebab kondisinya lebih parah dari beberapa sirkuit lain yang punya masalah serupa.

"Ini tidak seperti di Jerez, Montmelo (Catalunya) atau Le Mans," kata sang juara bertahan seperti dilansir Tuttomotoriweb, Sabtu (28/7/2018).

Baca juga: Sirkuit Silverstone Bersikeras Pertahankan MotoGP

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, memacu motornya dalam sesi kualifikasi kedua GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu (26/8/2017).AFP/OLI SCARFF Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, memacu motornya dalam sesi kualifikasi kedua GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu (26/8/2017).

Sementara itu, pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mengaku baru melihat kondisi Silverstone dari tayangan televisi. Namun Rossi sependapat dengan penilaian pebalap lain yang menyatakan aspal bergelombang sebagai masalah dalam balapan.

"Banyak pebalap berkomentar negatif tentang aspal baru. Ini benar-benar memalukan karena Silverstone adalah trek yang bagus," ujar The Doctor.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo menilai berbagai komentar mengenai kondisi terkini Silverstone merupakan kabar buruk bagi MotoGP. Namun ia hanya bisa berharap balapan di Silvertone nanti tidak dalam kondisi hujan.

Baca juga: Crutchlow Sebut Sirkuit Silverstone ?Membosankan?

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso (tengah), menjadi pemenang GP Inggris di Sirkuit Silverstone, 27 Agustus 2017. Dia mengalahkan duo Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kiri) di tempat kedua dan Valentino Rossi di urutan ketiga.OLI SCARFF/AFP Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso (tengah), menjadi pemenang GP Inggris di Sirkuit Silverstone, 27 Agustus 2017. Dia mengalahkan duo Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kiri) di tempat kedua dan Valentino Rossi di urutan ketiga.

Sedangkan rekan setim Lorenzo, yakni Andrea Dovizioso menyatakan akan mencoba mengendarai mobil lebih dulu menjajal trek Silverstone. Dovi menilai hal itu perlu dilakukan untuk memahami kondisi yang sesuangguhnya.

"Yang pasti jika pengemudi mobil sudah mengeluh, maka akan lebih sulit lagi dengan sepeda motor," ujar pebalap Italia ini.

Sirkuit Silvertone dijadwalkan menggelar seri GP Inggris pada 26 Agustus mendatang. Saat ini, para pebalap MotoGP masih menjalani rehat paruh pertama dan baru akan memulai balapan kembali di GP Ceko pada 5 Agustus mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.