Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pedrosa, MotoGP Sudah Berubah Banyak

Kompas.com - 26/07/2018, 09:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MADRID, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa menilai MotoGP sudah banyak berubah. Salah satu hal yang disorotinya adalah perubahan mesin 2-tak ke 4-tak.

Menurut Pedrosa, penggunaan mesin 4-tak cukup menyulitkan untuk menguji siapa pebalap yang benar-benar bagus. Kondisi itu berbeda saat balapan masih menggunakan mesin 2-tak.

"Olahraga ini telah banyak berubah. Sebelumnya lebih mudah untuk mengenali potensi pebalap saat masih memakai mesin 2-tak untuk. Namun, saat berganti menjadi 4-tak, sulit untuk mengetahui siapa pebalap yang bagus," kata Pedrosa seperti dilansir Speedweek, Rabu (24/7/2018).

Baca juga: Kritik Pamungkas Pedrosa ke Honda, Sebelum Pensiun

Momen saat Pedrosa terpental dari sepeda motornya di GP Argentina, Minggu (8/4/2018).MOTOGP Momen saat Pedrosa terpental dari sepeda motornya di GP Argentina, Minggu (8/4/2018).

Pedrosa mencontohkan, saat ini banyak pebalap baru yang memiliki banyak waktu untuk bertemu para fans dan di sosial media. Sebuah kondisi yang disebutnya tak bisa terjadi saat motor balap masih menggunakan mesin 2-tak.

"Sekarang ini paket settingan sudah tersedia. Di masa lalu tak banyak hal yang bisa dilakukan selain balapan," ucap Pedrosa.

Pedrosa belum lama menyatakan pensiun dari MotoGP terhitung musim depan. Keputusannya itu sekaligus mengakhiri kiprahnya selama hampir 18 tahun di dunia balapan, 13 diantaranya di kelas MotoGP.

Baca juga: Pedrosa, Pebalap Hebat Tanpa Untung di MotoGP

Sepanjang kariernya, Pedrosa tercatat dua kali meraih gelar juara dunia, masing-masing satu kali di kelas 125cc dan dua kali di kelas 250cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com