Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Membandingkan Balapan Saat Ini dengan 15 tahun Lalu

Kompas.com - 25/07/2018, 14:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan dunia MotoGP saat ini dinilai sudah banyak berubah dibandingkan satu dasawarsa lalu. Balapan saat ini berlangsung ketat di tiap seri dengan jarak antara satu pebalap dan pebalap lain saling berdekatan.

Masih jelas di ingatan serunya balapan GP Belanda di Assen dimana tercatat sebagai balapan dengan jumlah susul menyusul sebanyak 175 kali. Lima pebalap bahkan berulang kali memimpin balapan.

Pebalap Yamaha Valentino Rossi, yang mengalami masa-masa balapan dengan motor 990 cc empat tak generasi pertama mengungkapkan MotoGP semakin berubah. Beberapa sebab adalah suplier ban tunggal, mesin, dan ECU.

Namun, yang menurut Rossi cukup berubah ada perspektif para pebalap dalam hal profesionalisme. Para pebalap memikirkan hal detil mulai dari set-up sepeda motor dan elektronik yang membuat mereka mendapatkan kecepatan baik di tikungan maupun zona pengereman.

Baca juga: Belum Pernah Menang, Yamaha Kabulkan Ide Rossi

"Saya berpikir perbedaan terbesar dengan, katakan waktu 15 tahun lalu, adala kami selalu memiliki sedikit selisih waktu saat latihan," ucap Rossi seperti dikutip dari Crash.net, Rabu (25/7/2018).

Melihat 15 tahun lalu Rossi mengaggap lebih romantis. Para pebalap hanya menaiki motornya, coba merasakan motor tersebut.

"Saat ini tidak bisa seperti itu. Kami harus bekerja lebih. Mungkin saya rasa sekarang lebih membosankan. Itu perbedaan terbesarnya, tapi saya rasa itu bagus untuk kejuaraan," ucap Rossi.

Bertambahnya Penggemar

Menjadi salah satu pebalap senior di tiap gelaran MotoGP, membuat Valentino ROssi mendapatkan tambahan penggemar. Ia merasakan semakin banyak penggemar VR46 di tiap balapan.

"Saya sangat beruntung dalam hal karir, karena selalu memiliki support hebat termasuk di luar Italia. Ini mungkin karena hasil terbaik di karir saya dan saya yang selalu berusaha berada di jajaran atas para pebalap selama 20 tahun," ucap Rossi.

Rossi saat ini berada di posisi kedua klasmen perebutan gelar MotoGP. Ia selisih 46 poin dengan pemuncak klasmen Marc Marquez dan saat ini tengah berupaya mengejar kemenangan podium pertama bagi Yamaha sejak tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com