Cafe Racer, Aliran Modifikasi yang Masih Digemari

Kompas.com - 25/07/2018, 12:24 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

DEPOK, KOMPAS.com - Cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang kini cukup banyak digemari. Modelnya terinspirasi dari motor balap yang digunakan pada zaman dulu.

Salah satu ciri khas yang melekat dari aliran ini adalah bentuk bagian belakang yang menyerupai buntut tawon. Dalam dunia modifikasi, bentuk ini lazim disebut hornet.

Salah satu bengkel yang ikut mengerjakan ubahan bergaya cafe racer adalah Mr Classic di Cimanggis, Depok. Basisnya mengambil dari Honda GL100.

Baca juga: Honda Ketahuan Tengah Persiapkan Cafe Racer Terbaru

Modifikasi Honda CB100 bergaya caferacer yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi Honda CB100 bergaya caferacer yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.

Beberapa ubahan mencolok yang dilakukan meliputi headlamp yang diganti dengan model bulat dengan tambahan windshield, setang jepit, dan buntut belakang yang diperpendek sehingga tidak ada lagi jok untuk boncenger (single seater).

Untuk spare part dan aksesori yang digunakan, hampir seluruhnya merupakan custom dari bengkel Mr Classic. Untuk biaya keseluruhannya sendiri tercatat mencapai sekitar Rp 15 juta.

"Itu sudah termasuk ongkos pengerjaan, cat, plus perbaikan mesin," kata builder Mr Classic, Peci Gimbal saat ditemui Kompas.com, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: 2 Model Cafe Racer Husqavarna Pamer Diri di IIMS 2018

Kawasaki W175 yang dimodifikasi bergaya caferacer. Pengerjaannya dilakukan oleh bengkel custom Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.Kompas.com/Alsadad Rudi Kawasaki W175 yang dimodifikasi bergaya caferacer. Pengerjaannya dilakukan oleh bengkel custom Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Belum lama ini, modifikasi bergaya cafe racer juga dilakukan oleh bengkel Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Basisnya mengambil dari Kawasaki W175.

Tak hanya itu, putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka juga pernah memodifikasi motor Honda CB125-nya menjadi bergaya aliran ini. Motor tersebut bahkan sempat dipamerkan saat gelaran Indonesia Intenational Motor Show (IIMS) 2018.

Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.Kompas.com/Alsadad Rudi Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.