Choppy Cub, Modifikasi Chooper Pakai Motor Bebek

Kompas.com - 25/07/2018, 11:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

DEPOK, KOMPAS.com - Modifikasi dengan aliran chopper biasanya dilakukan untuk motor jenis sport. Namun bukan berarti aliran ini tidak bisa dilakukan ke motor jenis lain. Salah satunya seperti yang dilakukan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.

Berbasis Honda Astrea Star, bengkel modifikasi ini mengubah bentuk bebek generasi lawas ini menjadi bergaya ala-ala chopper. Hal mencolok dan jadi ciri khas dari aliran ini tentu saja penggunaan setang tinggi.

Di dunia modifikasi, ubahan bebek menjadi bergaya ala chopper ini dikenal dengan nama choppy cub. Modifikasinya relatif sederhana sehingga tidak mengharuskan ubahan yang ekstrim pada motor.

Baca juga: Panduan Modifikasi Retro untuk Motor Bebek

Modifikasi Honda Astea Star bergaya Choppy Cub yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi Honda Astea Star bergaya Choppy Cub yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.

Menurut sang builder, Peci Gimbal, modifikasi choppy cub biasanya mengambil basis dari bebek lawas. Sebab bentuk sasisnya relatif cocok sehingga tidak mengharuskan ubahan ekstrim yang menelan biaya besar.

Untuk komponen dan aksesori yang digunakan, hampir seluruhnya merupakan custom dari bengkel Mr Classic.

"Seperti ini saja kemarin kalau dihitung-hitung hanya habis sekitar Rp 10 jutaan," kata Peci saat ditemui Kompas.com, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: Motor Bebek Lain yang Layak Dikoleksi buat Nostalgia

Modifikasi Honda Astea Star bergaya Choppy Cub yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi Honda Astea Star bergaya Choppy Cub yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.

Walau demikian, Peci menyatakan bebek generasi terbaru juga bisa dimodifikasi dengan aliran ini. Namun harus ada ubahan pada bagian sasis yang berdampak ke melonjaknya biaya.

"Kalau mau modelnya sama persis, biayanya bisa sekitar Rp 12 juta," ujar Peci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.