Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sokonindo Mau Tingkatkan Kandungan Lokal Glory 580

Kompas.com - 24/07/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - DFSK Glory 580 yang sudah resmi dijual di pasar otomotif nasional memiliki kandungan lokal sekitar 20-30 persen. Artinya, masih cukup banyak komponen impor dalam merakit sport utility vehicle (SUV) tersebut.

Secara bertahap, dijelaskan Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK) akan ditingkatkan. Terutama jika fasilitas pembuatan mesin sudah mulai beroperasi, jumlah komponen lokal semakin banyak.

"Target kita bisa mencapai 60 persen, dan pasti akan kita lakukan itu," ucap Alexander pekan lalu saat berbincang dengan Kompas.com di kawasan Jakarta Selatan.

Alexander melanjutkan, fasilitas perakitan mesin akan bertempat di depan pabrik yang sekarang ini sudah berdiri. Bahkan, pembebasan tanah pun sudah dilakukan, hanya saja belum bisa diinformasikan mengenai kapasitas dan lain sebagainya.

Baca juga: Satu Lagi Varian Glory 580 Meluncur Akhir 2018

"Sekarang ini sedang kita pelajari seberapa besar yang akan kita bangun. Semuanya tergantung dari pasar di dalam negeri sendiri," ucap dia.

Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Proses produksi yang menggunakan robot di pabrik Sokonindo CIkande, Serang, Banten.

Alexander penah mengatakan di tempat terpisah, bahwa pabrik mesin tersebut akan berdiri tahun ini. Secara investasi pun sudah disiapkan dengan menambahkan dari 150 juta dollar Amerika Serikat (AS) menjadi 300 juta dollar AS.

"Untuk itu akan kita informasikan lagi lebih lanjut. Sekarang kita fokus dulu kepada Glory 580 ini," kata Alexander.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com