Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Helm Ini Bikin Polisi Penasaran

Kompas.com - 23/07/2018, 18:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi di dunia otomotif sah-sah saja dilakukan para penggemarnya. Termasuk salah satunya pada perangkat keselamatan helm roda dua.

Seperti yang ditunjukkan pada akun media sosial Intstagram dikyasarestabesbdg, yang mengunggah foto petugas yang tengah memberhentikan pengendara skutik di kota Bandung.

"Kreatifnya anak remaja kota Bandung. Kami berhentikan anak-anak tersebut dan diperiksa kelengkapannya. Ternyata lengkap," isi caption postingan dikyasarestabesbdg.

Alasan petugas tersebut memberhentikan pengendara motor yang berboncengan tersebut adalah modifikasi helmnya yang cukup unik. Petugas cukup penasaran, helm full face tersebut dibungkus lapisan berbulu yang menyerupai boneka tokoh Sesame Street.

Petugas pun melakukan pengecekan. Ternyata helm yang digunakan asli hanya mendapatkan sentuhan modifikasi unik tersebut.

Baca juga: Prototipe Helm Formula 1 buat 2019, Teraman di Dunia

"Memang itu menjadi lucu dan tontonan pengguna jalan raya lain. Tapi kami menghimbau kepada anak-anak terseut untuk memperhatikan keselamatannya. Walau ternyata di Bandung sekarang ada komunitas helm tersebut," bunyi caption media sosial Dikyasa kota Bandung tersebut.

Modifikasi helm dengan bulu ini tercatat tengah naik daun tahun lalu. Pelapis helm berbulu tersebut dapat menyerupai tokoh boneka favorit yang dapat dipilih pemilik helm. Di toko jual beli online pelapis helm ini dibanderol Rp 200.000.

Sampai saat ini memang belum ada peraturan yang mengatur mengenai modifikasi helm. Namun penambahan modifikasi pada helm disarankan untuk tetap memperhatikan keamanan, kenyamanan selama berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com