Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS dan Suku Bunga Bikin Cemas AHM

Kompas.com - 17/07/2018, 12:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data yang dirilis bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) dalam semester pertama 2018 ini berhasil menjual 2.235.728 unit atau berkontribusi 74,5 persen dari total pasar nasional yang mencapai 3.002.753 unit.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya mengatakan, secara target sampai akhir tahun diharapkan bisa mencapai 4,4 juta unit hingga 4,6 juta unit. Pencapaian tersebut bisa dipenuhi asalkan kondisi pasar nasional tetap stabil seperti dalam enam bulan pertama 2018.

Thomas menjelaskan semester kedua 2018 ini diyakini ada beberapa faktor penghambat pertumbuhan penjualan motor secara nasional, yaitu nilai tukar mata uang asing dalam hal ini dollar Amerika Serikat (AS) dan suku bunga.

“Asalkan dollar AS dan suku bunga bisa stabil, maka kita optimis menutup tahun sesuai dengan target yang telah kita tentukan,” ucap Thomas akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Utara.

Baca juga: AHM Siapkan Pengelola Limbah Baterai PCX Hybrid

Sejauh ini, lanjut Thomas AHM pun belum ada rencana untuk melakukan koreksi target penjualan. Sebab, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) pun masih mematok 6 juta atau 6,1 juta unit sampai akhir 2018 ini.

“Jadi kita juga belum revisi, dan kami masih sangat bergantung dengan kondisi pasar sekarang ini dalam enam bulan ke depan,” ujar Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com