Posisi Tangan dan Kaki yang Ideal Saat Mengemudi, Jangan Lurus! - Kompas.com

Posisi Tangan dan Kaki yang Ideal Saat Mengemudi, Jangan Lurus!

Kompas.com - 16/07/2018, 16:42 WIB
Posisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Posisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

BOGOR, KOMPAS.com - Tangan dan kaki merupakan beberapa bagian tubuh yang punya peranan penting saat mengemudi kendaraan roda empat. Berbicara mengenai keduanya, ada posisi paling ideal yang sebaiknya dipatuhi demi berkendara yang aman.

Dealer Skill Development Manager Honda Prospect Motor (HPM) Onsert Ophirio, menyatakan, saat berkendara tangan dan kaki harus membentuk sudut. Jadi tidak boleh sama sekali dalam posisi lurus.

Untuk kaki, Onsert menyebut posisi lurus cenderung membuat posisi duduk relatif jauh dari pedal gas, rem dan kopling (untuk mobil manual). Kondisi ini membuat pengemudi cenderung kesulitan untuk bermanuver di kondisi darurat.

Baca juga: Begini Posisi Tangan yang Benar saat Memegang Lingkar Kemudi

Posisi mengemudi mirip sedanAris Harvenda Posisi mengemudi mirip sedan

"Lutut harus membentuk sudut supaya tidak kejauhan begitu ingin mengerem. Supaya ketika mengerem mendadak lebih mudah. Jadi tidak boleh terlalu lurus," ucap Onsert dalam kegiatan Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

Demikian pula dengan tangan. Onsert menilai tangan yang terlalu lurus menandakan posisi duduk pengemudi terlalu jauh dari kemudi. Sehingga akan menyulitkan ketika harus bermanuver.

"Jadi posisi sandaran tidak boleh terlalu rebah. Siku tidak boleh lurus karena untuk bermanauver ditentukan dari sana. Kalau terlalu lurus reaksi tidak cepat," ucap Onsert.

Baca juga: Posisi Mengemudi Nyaman Belum Tentu Aman

Posisi tangan yang benar dalam kemudi.Drivinginstructorblog.com Posisi tangan yang benar dalam kemudi.

Sementara itu, trainer dari Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Norman Syam juga sependapat dengan Onsert. Ia menambahkan saat mengemudi, posisi tangan yang benar saat memegang setir juga sebaiknya ada di posisi jarum jam 9-3 (tangan kiri berada di posisi pukul 9, sedangkan tangan kanan di pukul 3).

Selain dianggap lebih aman saat bermanuver, fitur-fitur pada mobil modern biasanya juga terpasang pada bagian setir di posisi pukul 9 dan 3. Menurut Norman, jika terlalu ke atas atau ke bawah, tangan pengemudi berpotensi menyilang saat ingin bermanuver dalam kondisi darurat.

"Itu sebabnya di hampir semua mobil zaman sekarang, pengait tangan ada di posisi 9-3. Tujuannya agar pengemudi bisa secara otomatis menempatkan tangannya pada posisi tersebut," ucap Norman.



Close Ads X