Fungsi Sandaran Kepala dalam Aspek Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 16/07/2018, 16:03 WIB
Headrest terpisah New Mobilio Otomania/Setyo AdiHeadrest terpisah New Mobilio
Penulis Alsadad Rudi
|

BOGOR, KOMPAS.com - Sandaran kepala atau headrest di jok mobil ternyata tidak cuma berfungsi membuat nyaman saat berkendara. Lebih dari itu, alat ini ternyata juga punya peran penting dalam aspek keselamatan berkendara.

Dealer Skill Development Manager Honda Prospect Motor (HPM) Onsert Ophirio menyebut headrest dapat meniminalisir cedera pada leher pengendara saat terjadi tabrakan dari belakang. Karena itu, Onsert menyatakan sama sekali tak disarankan bagi pemilik mobil untuk melepas headrest.

"Saya pernah menemukan ada pemilik mobil yang melepas headrest. Padahal sadaran kepala bisa mencegah cedera pada leher kalau terjadi tabrakan dari belakang," kata Onsert dalam kegiatan Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

Baca juga: Anggap Enteng Headrest, Leher Bisa Patah

Ilustrasi setelan sandaran kepala.consumerreports.org Ilustrasi setelan sandaran kepala.

Untuk posisi kepala di head rest saat berkendara, Onsert menyarankan pengemudi untuk mensejajarkan telingan dengan titik tengah head rest. Jadi tidak perlu menyetel headrest terlalu tinggi.

"Sandaran harus tegak dan posisi mengemudi sedekat mungkin ke sandaran. Jadi harus nempel," ujar Onsert.

Mengutip dari laman Nissan Indonesia, disebutkan bahwa headrest dapat membuat kepala tersandarkan dengan baik. Sehingga leher tidak patah dan menyebabkan cedera parah saat mobil ditabrak dari belakang.

Jadi sangat disarankan untuk mengatur sandaran kepala di mobil senyaman mungkin. Tujuannya agar dorongan berbahaya yang disebabkan oleh tabrakan dari belakang dapat dicegah.

Baca juga: Headrest Monitor Buat Liburan

"Dengan begitu, risiko patah leher dapat berkurang dengan baik," tulis Nissan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X