Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Rute Alternatif Ganjil-Genap dengan Google Maps

Kompas.com - 12/07/2018, 12:44 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sudah memulai uji coba kebijakan ganjil genap di sejumlah jalan arteri DKI Jakarta 2 Juli lalu.

Guna memudahkan masyarakat dalam berkegiatan, BPJT mengumumkan bahwa rute alternatif selama ganjil genap saat ini sudah tersedia di Google Maps.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono menjelaskan fitur tesebut merupakan hasil kerjasama BPTJ dengan Manajemen Google.

"Pada waktu proses penyusunan kebijakan transportasi guna mendukung Asian Games berjalan beberapa waktu, BPTJ mengajak Manajemen Google agar ikut berpartisipasi mendukung kebijakan ini," ucap Bambang dalam keterangan resmi, Kamis (12/7/2018).

Partisipasi tersebut kemudian diwujudkan dengan melakukan update aplikasi Google Maps sehingga saat ini tersedia fitur rute alternatif setelah diberlakukan perluasan ganjil genap.

Menurut Bambang fitur ini bermanfaat bagi masyarakat untuk lebih cepat mengenal perluasan kebijakan ganjil genap dengan cara praktis serta mendorong untuk lebih cepat beradaptasi.

Baca juga: Solusi Perluasan Ganjil-Genap Jakarta dari Kakorlantas

Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.MAULANA MAHARDHIKA Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.

Manfaat utama dari update aplikasi Google Maps ini pengguna akan mendapatkan informasi mengenai rute mana yang harus dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi agar tidak melanggar kebijakan ganjil genap. Pengguna juga mendapatkan informasi perkiraan waktu tempuh yang dibutuhkan jika harus melalui rute alternatif.

Pengguna aplikasi juga memiliki keputusan untuk menggunakan angkutan umum.

"Pemerintah tetap mendorong pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. Namun pada prinsipnya pemerintah berusaha melayani publik sebaik-baiknya, termasuk diantaranya bagaimana mendorong perusahaan seperti Google untuk juga beradaptasi," ucap Bambang.

Untuk mendukung kelancaran Asian Games 2018 di jakarta kebijakan ganjil genap diperluas di 10 jalan arteri. Waktu ganjil genap juga diperpanjang dari 06.00 WIB sampai 21.00 WIB setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com