Tiga Strategi UD Trucks Rebut Segmen Truk Indonesia - Kompas.com

Tiga Strategi UD Trucks Rebut Segmen Truk Indonesia

Kompas.com - 08/07/2018, 20:32 WIB
UD Trucks Quester GWE370.Ghulam/KompasOtomotif UD Trucks Quester GWE370.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan niaga terutama truk kategori tiga dan lima, tahun ini mengalami pertumbuhan sebesar 53 persen.

UD Trucks sebagai salah satu pemain di pasar kendaraan niaga telah mempersiapkan strategi khusus untuk dapat menikmati pasar yang tengah bertumbuh ini.

"Untuk itu kita siapkan strategi untuk dapat bersaing di pasar ini, Kami siapkan tiga langkah," ucap COO UD Tucks Winarto Martono, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pertama adalah peningkatan pelayanan purna jual. UD Trucks menyadari masih banyak pengusaha yang tidak menganggap penting perawatan armada mereka padahal hal ini penting untuk keberlangsungan usaha konsumen.

Untuk itu UD Truck memberikan layanan 24/7 untuk membantu konsumen yang mengalami masalah pada armada truk Quester UD Trucks. Salah satunya rute truk yang melintas dari Jakarta ke Surabaya.

"Bila ada masalah di jalan bisa langsung telepon ke nomor siaga, siap membantu dimanapun berada. Ini yang tidak dimiliki kompetitor. Sumatera sedang kita bangun juga, salah satunya dimulai dari Palembang dengan kehadiran layanan 3S UD Trucks," ucap Winarto.

Baca juga: UD Trucks Kuzer Mulai Dijual Bulan Ini

Langkah kedua adalah melakukan pelatihan untuk tenaga sopir truk konsumen. Dalam setiap penjualan akan ada pelatihan yang membuat para sopir truk dapat mengoperasikan dan mengenal beragam fitur yang berada di dalam truk Quester.

UD Trucks memiliki UD Telematics yakni teknologi komunikasi nirkabel teknologi tinggi untuk membatu operasi transportasi agar lebih menguntungkan dan efisen. Teknologi ini terkoneksi langsung dengan ECU untuk mendapatkan data yang lebih akurat mengenai kondisi armada truk.

Langkah ketiga adalah kontrak servis dengan konsumen. UD Trucks memberikan paket servis gratis selama satu tahun atau 60.000 kilometer dan nantinya akan benar-benar memantau produk yang telah dibeli konsumen untuk melakukan perawatan. UD Trucks akan datang berkala untuk melakukan tindakan preventif mencegah kerusakan armada konsumen.

"Sebenarnya dengan melakukan perawatan, yang merupakan investasi kecil, akan dapat menghemat lebih banyak serta berdampak besar pada masa pakai kendaraan. Perawatan itu hanya 5 sampai 6 perse dari total biaya kepemilikan," ujar Winarto.

UD Trucks sendiri baru saja meresmikan cabang Palembang yang memiliki standar 3S terlengkap. UD Trucks sudah melihat potensi pasar Sumatera Selatan yang menjadi bagian dari 20 persen total pasar seluruh Indonesia di pulau Sumatera.


Komentar
Close Ads X