Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Mobil Terlaris Januari-Mei 2018

Kompas.com - 06/07/2018, 15:58 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan wholesales kendaraan di dalam negeri pada Januari-Mei 2018, berhasil mencapai 494.917 unit. Angka tersebut mengalami pertumbuhan positif sebesar 5,62 persen, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Xpander masih menjadi rajanya. Model besutan Mitsubishi Indonesia tersebut, berhasil memeroleh  36.670 unit sepanjang lima bulan pertama tahun ini.

Terkait penguasaan pasar, Xpander mendapat jatah kue otomotif dalam negeri sampai 7,41 persen. Dari total tersebut, rata-rata wholesales Xpander perbulannya ada di angka 7.300-an unit.

Baca juga: Gaikindo Deklarasi EURO 4 di GIIAS 2018

Toyota Grand New Avanza di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Toyota Grand New Avanza di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Sementara di posisi kedua ada Avanza dari segmen yang sama dengan Xpander, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), yang berhasil mengumpulkan  34.810 unit, dengan market share sebesar 7,03 persen, beda tipis dengan kompetitor sengit.

Lalu membuntuti di belakangnya ada Calya, dengan total pengiriman ke dealer  28.229 unit (5,70 persen). Kemudian pada urutan  keempat dan kelima, ada Innova  24.334 unit (4,92 persen), serta Sigra  22.322 unit (4,51 persen).

Melalui lima besar teratas ini saja bisa diketahui, kalau segmen favorit di dalam negeri masih model MPV, berkapasitas 7-penumpang. Lima model tersebut juga sudah mewakili 30 persen dari total pasar di dalam negeri, belum lagi ditambah model MPV lainnya.

Namun, memang dari sisi harga model MPV lebih terjangkau lantaran pemerintah mematok pajak kecil untuk model tersebut. Kita tunggu apa yang akan terjadi ketika sedan mulai diturunkan PPnBM nya. 

Berikut lengkapnya.

Wholesales 20 besar mobil penumpang Januari-Mei 2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales 20 besar mobil penumpang Januari-Mei 2018 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com