Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ladies", Jangan Nyetir Pakai "High Heels"

Kompas.com - 06/07/2018, 07:43 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan buruk yang terkadang dilakukan oleh wanita ketika mengemudi, yaitu menggunakan sepatu hak tinggi (high heels). Padahal, dapat mengganggu kenyamanan selama menyetir.

Sebab, sepatu yang punyak hak tinggi itu akan membuat kaki menjadi tidak nyaman ketika menginjak pedal rem atau gas. Belum lagi bisa bahaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan, dapat menyebab kecelakaan dan cedera.

"Jadi jangan dulu gaya kalau mengemudi, ketika sudah sampai di lokasi baru ganti pakai sepatu hak tingi itu," ujar pebalap mobil wanita Rally Marina belum lama ini di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Cara Benar Berkendara Motor untuk Wanita Pengguna Rok Panjang

Rally menyarankan, ketika mengemudi pakai sepatu biasa saja yang secara fungsi aman dan nyaman. Perlu diingat lagi, dihindari juga menyetir tanpa menggunakan alas kaki karena itu sangat berbahaya.

"Jika terjadi hal yang tidak diinginkan akan memperparah kondisi cedera, seperti tertusuk besi yang ada di sekitar pedal rem atau gas, jadi harus pakai alas kaki," kata dia.

Belum lagi, lanjut Rally pastikan juga di sekeliling ruang kaki terbebas dari sepatu atau sandal yang selain dipakai. Sebab, ketika melakukan pengereman secara mendadak, bisa saja benda-benda tersebut menjadi penghalang pedal rem.

"Jadi selalu utamakan keselamatan berkendara, terutama buat para wanita agar selama sampai di tujuan," ucap Rally.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com