Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Seruduk Lorenzo, Salah Siapa?

Kompas.com - 02/07/2018, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com — Momen Valentino Rossi (Yamaha) ketika menyeruduk Jorge Lorenzo (Ducati) di putaran awal GP Belanda, Minggu (1/7/2018), bisa saja berujung celaka. Namun, beruntung kedua pebalap tidak hilang kendali dan sanggup melanjutkan balapan.

Walau begitu, tetap saja kejadiannya mengerikan, sekaligus seru jadi tontonan. Urutan insiden itu dimulai saat Lorenzo yang melesat ke posisi paling depan setelah start di posisi ke-10 berusaha melarikan diri dari kejaran Marc Marquez di posisi kedua.  

Pada putaran ke-5, Lorenzo kehilangan traksi ban depan usai menginjak gundukan tikungan terlalu cepat, sekitar 200 kpj. Dia berhasil mengatasi itu, namun kecepatannya jadi berkurang banyak. Saat itulah Rossi yang sudah melewati Marquez datang dan menghantam dari belakang.

“Itu adalah momen menyeramkan, tapi saya tidak tahu apa yang terjadi di belakang saya,” kata Lorenzo.

“Saya berada sedikit di bagian dalam dan saya menyentuh garis putih kemudian depan tertutup. Jadi untuk menghindari jatuh, saya hampir jatuh, tapi saya harus mengurangi kecepatan dan Valentino tidak menyangka kecepatan seperti itu di tikungan, dan dia menabrak belakang motor saya,” ujar Lorenzo.

Menurut Lorenzo, jika saja dia dan Rossi kecelakaan, bukan tidak mungkin rombongan pebalap yang rapat di belakangnya bisa kena imbas.

Rossi menjelaskan, dia melihat Lorenzo memotong terlalu banyak pada tikungan ke-12. Rossi bilang kecepatan dia lebih tinggi ketimbang Lorenzo saat tabrakan terjadi.

“Tetapi kami sangat beruntung karena saya menabrak dia dengan sempurna jadi kami tidak terjatuh,” kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com