Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Produksi Motor Listrik, AHM Belum Ajukan Uji Tipe

Kompas.com - 02/07/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –  Pemimpin pasar roda dua dalam negeri Astra Honda Motor (AHM), ternyata masih menahan diri, untuk ajukan model motor listriknya untuk diuji tipe, buat mendapat lampu hijau diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Padahal seperti yang dikatakan, David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM, merek sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari produksi sampai pelayanan pasca pembelian, atau aftersales service.

“Kami lagi persiapkan. Soal pengajuan kami belum lakukan. Kalau preparation sudah siap,” ujar David kepada KOMPAS.com, Jumat (29/6/2018).

David mengiyakan, saat disebutkan maksud preparation itu mulai dari line produksi, Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga kerja, penjualan dan layanan setelah penjualannya.

Baca juga : Honda Siap Memproduksi Motor Listrik di Indonesia

EV Cub, sepeda motor listrik buatan Honda yang dipamerkan di Bangkok International Motor Show 2016. Bentuk motor ini terinspirasi dari Super Cab, sepeda motor bebek buatan Honda yang sempat laris pada era 1970-an.Kompas.com/Alsadad Rudi EV Cub, sepeda motor listrik buatan Honda yang dipamerkan di Bangkok International Motor Show 2016. Bentuk motor ini terinspirasi dari Super Cab, sepeda motor bebek buatan Honda yang sempat laris pada era 1970-an.

Honda merupakan salah satu merek roda dua, yang menyebutkan bakal melahirkan produk kendaraan listriknya secara global, termasuk Indonesia. Bahkan sempat terucap berniat dan menantang diri untuk turut memproduksinya di sini.

Saat ini, memang regulasi baru soal uji tipe, yang sudah mencantumkan kategori kendaraan listrik, sudah resmi terbit lewal Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 33 tahun 2018 yang diundangkan 24 Aril 2018.

Jadi ini saatnya para Agen Pemegang Merek (APM) atau produsen otomotif, mengajukan produknya untuk mendapat Sertifikat Uji Tipe, tentu saja buat yang sudah punya model electric vehicle (EV) atau sejenisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com