Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Fakta GP Belanda, Ducati Cuma Pernah Menang Sekali

Kompas.com - 29/06/2018, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com – Banyak pihak menanti jawaban apakah Jorge Lorenzo (Ducati) bisa hat-trick di GP Belanda yang akan digelar di Sirkuit Assen pada akhir pekan nanti. Hal itu mungkin sangat sulit karena dalam catatan statistik, pebalap Ducati tidak pernah menang di sirkuit legendaris ini selama 10 tahun terakhir.

Lorenzo sudah menang selama dua seri berurutan pada musim ini, di GP Italia dan GP Catalan. Dia mengaku Sirkuit Assen memang bukan favorit buat Ducati, namun bakal berusaha mempertahankan momentum kemenangannya. 

Sementara itu Valentino Rossi (Yamaha) sedang mencari kemenangannya ke-10 di Sirkuit Assen. Namun hal itu jadi tantangan tersendiri sebab menurut Rossi, Yamaha masih belum punya solusi atas kelemahannya sepanjang musim ini. Rossi masih menggunakan spesifikasi M1 yang sama, setidaknya sampai GP Brno. 

Baca juga: Lorenzo Bakal Terganjal di GP Belanda dan Jerman

Berikut adalah fakta statistic GP Belanda yang dirangkum dari gpone.com:

  1. GP Belanda selalu setiap tahun, tanpa pernah putus, di Sirkuit Assen sejak 1949.
  2. Trek Assen sudah mengalami berbagai perubahan. Pada 1954 trek pernah sepanjang 16,54 km, kemudian dikurangi menjadi 7,7 km dan akhirnya 6,1 km. Saat ini sirkuit sepanjang 4,5 km, tetap seperti itu sejak diubah pada 2006.
  3. Balapan di Assen tadinya adalah satu-satunya seri yang digelar pada Sabtu karena Minggu digunakan untuk ibadah. Sirkuit Assen memakai jalanan umum yang dekat gereja. Pada 2016, balapan resmi digelar Minggu untuk pertama kalinya.
  4. Yamaha merupakan tim yang menang paling banyak, yakni sembilan kali oleh Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Ben Spies.
  5. Honda menang enam kali bersama Rossi, Sete Gibernau, Nicky Hayden, Casey Stoner, Marc Marquez, dan Jack Miller.
  6. Ducati cuma pernah menang sekali, dilakukan Stoner pada 2008. Meski begitu pebalap Ducati pernah naik podium setelahnya, yakni Andrea Dovizioso (2014), Scott Redding (2016), dan Danilo Petrucci (2017).
  7. Pebalap yang paling banyak menang di Sirkuit Assen adalah Angel Nieto sebanyak 15 kali. Catatan itu lebih banyak dari Giacomo Agostini (14 kali) dan Rossi (10 kali).
  8. Rossi podium satu GP Belanda pada tahun lalu. Dia pernah dua kali berurutan menang pada 2004 dan 2005.
  9. Pada 27 Juni 2003, Marco Melandri merupakan pebalap termuda, 15 tahun 324 hari, yang pernah menang di trek Assen.
  10. Hanya empat pebalap Belanda yang pernah menang saat lomba, yaitu Paul Lodewijkx (50cc-1968), Wil Hartog (500cc-1977), Jaxk Middleburg (500cc-1980), dan Hans Spaan (125cc-1989).
  11. Selama delapan seri Moto2 di Sirkuit Assen, ada tujuh pebalap berbeda yang menang, yaitu Dovizioso, Marquez, Pol Espargaro, Anthony West, Johann Zarco, Takaaki Nakagami, dan Franco Morbidelli.
  12. Selama enam seri Moto3 di Sirkuit Assen ada enam pebalap berbeda yang menang, yakni Maverick Vinales, Luis Salom, Alex Marquez, Miguel Oliveira, Francesco Bagnaia, dan Aron Canet.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com