Cara Industri Lokal Bikin Murah "Apparel" Premium - Kompas.com

Cara Industri Lokal Bikin Murah "Apparel" Premium

Kompas.com - 28/06/2018, 16:09 WIB
Produk RS Taichi kini didistribusikan di Indonesia oleh Cargloss Group.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Produk RS Taichi kini didistribusikan di Indonesia oleh Cargloss Group.

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring bergeraknya pilihan konsumen ke sepeda motor lebih besar ukuran dimensi dan kapasitas mesin, industri pelengkap seperti produk perlengkapan berkendara (apparel) juga bergairah. Salah satu usaha pelaku industri yakni ingin memproduksi lokal merek premium biar harganya semakin murah di pasaran dalam negeri.

Pemasaran merekapparel premium berpotensi meningkat sebab jumlah biker kelas 250cc ke atas juga bertambah. Kendalanya, sebagian besar produk diimpor jadi kena beban pajak dan biaya pengiriman hingga harga jualnya terlampau tinggi.

Usaha melokalisasi apprarel premium agar konsumen punya banyak pilihan dan produk itu semakin kompetitif di pasaran. Atas latar belakang itu, Cargloss Group, produsen helm asal Indonesia yang punya jaringan penjualan apparel Prime Gears, ingin membantu melokalisasi produk apparel premium asal Jepang, RS Taichi.

Cargloss Group baru saja ditunjuk sebagai distributor tunggal RS Taichi yang punya kantor pusat di Singapura. Dari pernyataan Presiden Direktur Cargloss Group Harryanto Suherman, melokalisasi RS Taichi sanggup membuat harganya di pasaran lebih murah.

Baca juga: Cargloss Resmi Jadi Distributor RS Taichi

Baca juga: Cargloss Group Bantu Lokalisasi RS Taichi

Cargloss Group resmi menjadi distributor tunggal produk perlengkapan berkendara asal Jepang, RS Taichi. Memorandum of Understanding ditandatangani kedua pihak di pabrik Cargloss Group di Citeureup, Jawa Barat, pada Senin (25/6/2018). FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Cargloss Group resmi menjadi distributor tunggal produk perlengkapan berkendara asal Jepang, RS Taichi. Memorandum of Understanding ditandatangani kedua pihak di pabrik Cargloss Group di Citeureup, Jawa Barat, pada Senin (25/6/2018).

Kisaran harga produk RS Taichi di Indonesia saat ini dimulai dari Rp 500.000 hingga Rp 90 juta. Paling murah yaitu tas kecil, sepatu, sarung tangan, jaket, sampai yang termahal baju balap

“Sudah pasti lebih terjangkau karena tidak perlu impor, pengiriman, dan pajak. Kalau dibuat di Indonesia bisa kami tekan, yakin saya,” kata Harryanto di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Menurut Harryanto lokalisasi RS Taichi harus dimulai dari produk-produk berukuran kecil lebih dulu, agar kualitasnya tetap terjaga. Dia mengatatakan sudah berpengalaman 40 tahun berbisnis dengan orang Jepang jadi mengerti tentang hal itu.

Situasinya saat ini Cargloss Group sedang mencari vendor yang tepat untuk lokalisasi RS Taichi. Tidak disebut kapan target lokalisasi itu bakal terlaksana.



Close Ads X