Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Perdesaan Dirancang Khusus untuk Daerah Tertinggal

Kompas.com - 28/06/2018, 13:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian menyebut angkutan perdesaan atau yang dikenal sebagai Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dirancang khusus untuk bisa mengakses daerah tertinggal.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto menyebut adanya AMMDes diharapkan akan memberikan stimulus untuk kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Tujuannya demi mengurangi ketimpangan ekonomi dengan daerah lain.

"AMMDes ini dilengkapi spesifikasi teknis khusus untuk dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal," kata Harjanto melalui keterangan tertulis, Rabu (27/6/2018).

Baca juga: Mobil Perdesaan Meluncur di GIIAS, TKDN 70 Persen

Jokowi jajal Alat Multiguna Perdesaan di IIMS 2018Setyo Adi/Kompas.com Jokowi jajal Alat Multiguna Perdesaan di IIMS 2018

Sesuai dengan filosofinya sebagai alat kerja yang multiguna, Harjanto menyebut AMMDes juga dirancang dengan fungsi multiguna, fungsi transportasi untuk memobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di perdesaan.

Dengan fungsi multiguna tersebut, AMMDes diharapkan dapat membantu Kelompok Usaha Bersama (KUB), Koperasi, Gapoktan, Bumdes dan kelompok petani atau nelayan lainnya untuk mengangkut dan memproduksi hasil panennya, membantu memperlancar penyediaan sarana produksi serta membantu mempercepat distribusi barang antara kota dan desa.

"Hal ini sejalan dengan semangat Nawa Cita Jokowi-JK untuk membangun Indonesia dari pinggiran, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis," ucap Harjanto.

Baca juga: FIN Komodo Anggap Angkutan Perdesaan Bukan Ancaman

Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes.

Selain dampak positif di bidang ekonomi, Harjanto menyebut program AMMDes juga membuka peluang bagi pelaku industri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan, terutama rancang bangun dan teknologi desain.

Penguasaan teknologi ini dinilai penting sebagai landasan pengembangan dan kemandirian industri dalam negeri ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com