Laporan Langsung dari Marseille, Perancis

Ini "Bonus" dari Negara Lain buat Mobil Listrik

Kompas.com - 25/06/2018, 09:03 WIB
Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis Azwar Ferdian/Kompas.comUji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

MARSEILLE, KOMPAS.COM - Tren mobil listrik di dunia mulai naik, ini ditandai dengan total penjualan mobil listrik di seluruh dunia yang sudah mencapai angka 3 juta unit, buat semua merek.

Tingginya angka penjualan ini tak lepas dari banyaknya insentif yang diberikan oleh beberapa negara untuk mobil listrik. Pada umumnya beberapa negara memberikan subsidi buat pembelian mobil listrik.

Ada juga pengurangan pajak, baik pajak yang terkait dengan perusahaan pembuat mobil listrik, atau pajak perorangan buat para konsumen mobil listrik.

"Britania Raya, Denmark, Perancis, Jepang, Amerika Serikat dan China memberikan subsidi buat pembeli mobil listrik. Jadi harganya tidak terlalu mahal," jelas Toshinaga Kato, General Manager Indonesia Business Departement, ASEAN Div, di Marseille, Sabtu (23/6/2018).

Baca juga: Pemerintah Mulai Jajal Mobil Listrik Mitsubishi

Kato-san menambahkan, selain itu ada juga pengurangan ragam pajak. Bahkan di China (kota Beijing dan Shanghai) sampai membebaskan pengurusan surat kendaraan, khusus untuk mobil listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, PerancisAzwar Ferdian/Kompas.com Uji Mitsubishi Outlander PHEV di Marseille, Perancis

Di London, mobil listrik bisa gratis melintasi jalan berbayar, sementara di Olso (Norwegia), Tokyo (Jepang) dan Amsterdam (Belanda), mobil listrik dibebaskan dari biaya parkir dan gratis melintas di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Ragam bonus inilah yang membuat banyak warga di negara-negara tersebut yang tertarik menggunakan mobil listrik. Ini bisa menjadi contoh buat Indonesia, yang sedang menggodok aturan terkait kendaraan masa depan ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.