Pertimbangan Mitsubishi Fuso Belum Jual Truk Listrik

Kompas.com - 22/06/2018, 16:55 WIB
Fuso E-Canter Stanly/KompasOtomotifFuso E-Canter

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation, sudah pernah memperlihatkan purwarupa truk bertenaga listrik di Indonesia.

Truk niaga itu diberinama Canter E-Cell, yang dipamerkan kepada masyarakat pada pertengahan 2017 di ICE, BSD, Tangerang.

Meski sudah diperlihatkan, tetapi untuk dijual di Indonesia masih butuh pertimbangan yang begitu besar.

Baca juga: Jadwal Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

"Kita tergantung pada pemerintah, secara prinsipal sudah sangat siap," ucap Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Selain aturan, perlu juga adanya fasilitas pendukung seperti tempat pengisian daya baterai, dan lain sebagainya. Apabila semua hal seperti itu sudah terpenuhi, maka diyakini bakal banyak produsen otomotif yang mulai memasarkan truk atau kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Siap Main di Euro IV

"Secara teknologi kita siap. Kita juga butuh fasilitas pendukung lainnya agar bisa berjalan dengan lancar," kata pria yang akrab disapa Momon itu.

Truk listrik Mitsubishi Fuso E-CanterStanly/KompasOtomotif Truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter

Bukan hanya itu, Momon juga meminta agar pemerintah dalam aturan yang sedang dibuat untuk meringankan pajak untuk kendaraan ramah lingkungan.

Jika tidak, harganya akan menjadi mahal dan masyarakat belum tentu tertarik.

"Teknologinya juga berbeda, otomatis harga juga akan menyesuaikan, jadi perlu dibicarakan juga soal insentif pajak dan lain sebagainya," kata Momon.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X