Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian THR Kerek Penjualan Motor Honda

Kompas.com - 18/06/2018, 09:35 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) yang dimulai pada pekan kedua bulan Ramadhan, ternyata berdampak positif buat penjualan sepeda motor. PT Astra Honda Motor (AHM) ikut merasakan situasi tersebut.

Menurut pengakuan Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM, adanya THR kira-kira menyumbangkan sekitar 15-20 persen. Alhasil, tren penjualan meningkat menjelang Lebaran 2018 ini.

"Kalau dari data yang kita peroleh, bahwa konsumen kita dari kalangan PNS dan pemerintahan menyumbangkan sekitar itu, jadi kurang lebih berkontribusi 20 persen untuk THR ini," ujar Thomas belum lama ini Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: AHM Mau Bikin Skuter Petualang

Thomas menjelaskan, tren penjualan motor menjelang Lebaran selalu meningkat, sebab mengikuti kebutuhan yang tinggi. Pasar turun lagi usai Hari Raya Idul Fitri, karena waktu hari kerja pada bulan setelahnya lebih sedikit dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Jadi trennya memang seperti itu setiap tahunnya, tetapi untuk tahun ini pembagian THR ikut membantu," ucap dia.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan PT AHM pada April untuk semua model motor mencapai 458.499 unit, dan menurun di Mei 2018 yang hanya tembus 436.727 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com