Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Saat Bertemu Kendaraan Besar di Jalur Mudik

Kompas.com - 13/06/2018, 17:45 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara saat musim mudik harus selalu memperhatikan kondisi keselamatan di jalan. Terlebih bepergian dengan ribuan kendaraan lain menuju tempat yang sama membuat kemungkinan terjadi kecelakaan semakin besar.

Tidak terkecuali dengan kendaraan-kendaraan berukuran besar. Kecelakaan yang melibatkan kendaraan penumpang dengan kendaraan berukuran besar seperti truk dan bus penumpang kerap terjadi saat kesibukan mudik.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkapkan, pengemudi kendaraan kecil baiknya selalu meningkatkan kewaspadaan saat berdekatan dengan kendaraan besar.

"Kalau bisa hindari terlalu dekat dengan kendaraan besar. Baiknya segera mendahului lalu menjauh atau kalau kendaraan besar tersebut melaju kencang, seperti bus malam, biarkan dia lewat," ucap Sony saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Lupa, Mobil Start-Stop Saat Mudik Punya Faktor Idling

Sony melihat kecelakaan yang kerap terjadi biasanya akibat posisi kendaraan kecil yang kebetulan berada di dekat kendaraan besar. Tanpa melihat kesalahan pengemudi kendaraan besar, pengemudi kendaraan kecil juga harus melihat kondisi sekeliling kendaraannya.

Sony mengungkapkan posisi terbaik dengan kendaraan besar berada di bagian belakang. Bila berada di bagian depan kerap menjadi korban dari ketidak siapan kendaraan besar atau pengemudi kendaraan besar yang ceroboh.

"Berada di belakang juga membuat kita bisa melihat dan menilai kondisi jarak aman. Kadang bus dan truk punya distribusi beban yang tidak merata sehingga rentan rem blong bahkan terguling. Ini yang membuat baiknya kita menghindar bila dekat kendaraan besar," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com