Kandungan Lokal Glory 580 Masih Sedikit

Kompas.com - 12/06/2018, 21:02 WIB
Pabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, memproduksi SUV Glory 580. Ghulam/KompasOtomotifPabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, memproduksi SUV Glory 580.

JAKARTA, KOMPAS.com – SUV DFSK Glory 580 yang diproduksi di pabrik perakitan Sokonindo Automobile di Cikande cuma memiliki kandungan lokal sekitar 20 – 30 persen. Hal itu diungkap oleh CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus.

Tidak dijelaskan detail Alexander mengapa kandungan lokal Glory 580 masih sedikit. Namun bisa dipahami komponen-komponen yang dipakai untuk merakit sebagian besar produk impor.

“Itu 20-30 persen. (Jumlah penyuplai lokal) Itu saya enggak tahu, karena selalu berkembang dan bertambah,” ucap Alexander di Bandung, Selasa (5/6/2018), saat ditanya soal kedalaman lokalisasi Glory 580.

Baca juga: Wuling Merasa Kandungan Lokal Cortez Sudah 50 Persen

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) meresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten, Selasa (28/11/2017).Ghulam N/KompasOtomotif Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) meresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten, Selasa (28/11/2017).

Walau masih terbatas, Sokonindo Automobile sedang berusaha menambah kandungan lokal. Mereka berencana mendirikan pabrik mesin di sekitar pabrik perakitan.

Baca juga: Pabrik Mesin Sokonindo Berdiri Tahun ini

Alexander menyebut bila pabrik mesin sudah beroperasi, setidaknya kandungan lokal Glory 580 bakal mencapai 40 persen. Pendirian pabrik mesin itu juga bagian strategi Sokonindo melakukan ekspor yang rencananya dilakukan juga tahun ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X