Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Wajib Diperhatikan Pengemudi Sebelum Mudik

Kompas.com - 12/06/2018, 12:04 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara jauh selama mudik Lebaran menjadi pekerjaan berat yang harus dilakukan pengemudi. Untuk itu waktu istirahat yang mencukupi menjadi hal yang penting didapat pengemudi sebelum berangkat ke kampung halaman.

Head of Provier Management Asuransi Astra dr. Doddy Permadi mengungkapkan waktu istirahat cukup ini kerap dianggap enteng para pengemudi kendaraan mudik.

"Paling penting adalah waktu tidur sebelum melakukan perjalanan. Disarankan tidur nyenyak selama 6 jam sebelum berangkat," ucap Doddy saat dihubungi Senin (11/6/2018).

Doddy mengungkapkan banyaknya waktu tidur ini agar pengemudi segar dan siap melakukan perjalanan. Terlebih saat harus berkonsentrasi melalui rute mudik yang memiliki beragam kondisi.

Baca juga: Rekomendasi LCGC Jangan Dipakai Mudik

Doddy juga mengugkapkan waktu istirahat di perjalanan dapat dilakukan setiap 4 jam perjalanan. Setiap empat jam tubuh diharapkan bergerak untuk melakukan peregangan.

"Waktu maksimal tubuh dalam satu kondisi itu 4 jam. Saat itu tubuh diharapkan bergerak, melakukan peregangan. Berhenti di rest area, bertukar dengan pengemudi cadangan. Atau kalau sendiri istirahat dulu baru lanjutkan perjalanan," ucap Doddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com